ZonaMakassar.Com, Makassar – Mobil yang digunakan untuk perjalanan jauh membutuhkan perawatan khusus setelahnya. Tidak hanya mesin dan kaki-kaki tetapi juga bagian air condition (AC). Perawatan AC dibutuhkan guna menjaga ruang kabin mobil tetap sejuk saat perjalanan.

Perjalanan jauh menggunakan mobil pribadi tentunya akan membuat kualitas AC mobil berkurang. Untuk itu, setidaknya setelah melakukan perjalanan jauh AC perlu diservis.

Jika kinerja AC menurun setelah mobil digunakan untuk perjalanan jauh ,AC harus diservis agar kembali bekerja optimal, berikut tips perawatan biar kondisi AC mobil anda stabil :

1. Cek Kondisi Evaporator.

Evaporator merupakan salah satu bagian penting dari komponen AC. komponen ini perlu diperiksa karena bila terjadi kebocoran atau tersumbat karena debu atau kotoran lain yang menempel akan membuatnya rusak sehingga udara yang dihasilkan tidak berkualitas dan tidak dingin.

Kerusakan pada evaporator yang biasa dikarenakan usia pemakaian part, atau bisa juga kena kotoran seperti debu halus yg menempel pada fin-fin evaporator korosi dan akhirnya bocor.

2.Cek Kondisi Kompressor

Kerusakan pada Kompressor biasanya terjadi ketika terdengar bunyi-bunyian dari ruang mesin dimana terletak kompresor AC. Pastikan juga putaran pada kompresor berputar dengan kencang agar udara yang dihasilkan AC maksimal.

3. Cek Kondensor AC Mobil

Bersihkan juga kondensor saat mencuci mobil untuk membuang debu dan kotoran yang menempel, karena dapat menyebabkan fungsi kerja kondensor terganggu, sehingga pembuangan panas pada kondensor tdk maksimal.

4. Periksa Filter Kabin

Filter Kabin biasanya dipasang pada blower dari sistem AC dimana terletak di belakang laci dashboard mobil. Fungsinya adalah untuk mencegah debu agar tidak masuk ke evaporator. Jika sudah kotor dianjurkan untuk mengganti, sebaiknya pergantian filter kabin dilakukan secara berkala paling tidak setelah penggunaan 10 ribu Km. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.