5 Tips Mengisi Hari Minggu Anda

ZonaMakassar.Com, — Hari Minggu tentunya sudah banyak ditunggu sebagian besar khalayak yang menganggap hari ini adalah hari yang tepat untuk bersenang-senang dan melepas penat. Namun seringkali kita dihadapkan pada beberapa hal yang mengganjal, salah satunya adalah keterbatasan biaya. Berikut 5 (lima) kiat yang kiranya bisa direkomendasikan untuk dilakukan dengan biaya yang tentunya hemat

1. Nonton Film Non Action / Horor di Bioskop 21 atau Offline

Ketika nonton film sudah menjadi salah satu kebutuhan bagi penyegaran otak, seringkali budget yang diperlukan akan terasa banyak kalau kita terjebak dalam pola pikir “harus nonton di bioskop XXI kalau ga 3D, kalau ga Premiere” hanya karena faktor gengsi semata. Beda cerita bila segmentasi film yang diinginkan adalah Action atau Horor yang memiliki efek suara fantastis bin greget dan menunjang untuk ditonton via bioskop tersebut diatas. Mengingat kualitas efek suara film lokal yang relatif tidak begitu berpengaruh antara bioskop tersebut dengan 21, tidak ada salahnya bila segmentasi film lokal dibidik dan ditonton di bioskop 21 dengan kisaran biaya yang bisa dihemat antara 30 hingga 50 persen dibandingkan dengan menuruti gengsi harus nonton film lokal di Bioskop XXI. 3D, apalagi Premiere. Solusi lebih irit? Nonton saja film offline yang sudah tersimpan dengan baik di PC, Notebook, atau Smartphone kita. Tidak percaya? Bisa dibuktikan sendiri

2. Menulis

Menulis merupakan salah satu media sederhana untuk menyampaikan ide, keluh kesah, buah pikiran, ataupun ekspresi diri yang bisa dituangkan dalam berbagai media. Tapi menulis yang dimaksud bukan mengenai status sederhana di media sosial. Menulis dalam hal ini mencoba untuk membuat suatu rangkaian kata dan kalimat yang memiliki suatu kerangka informasi dan pikiran yang nantinya bisa dijadikan semacam arsip atau konsep dalam merancang sesuatu yang baru dan segar. Media yang digunakan pun beragam mulai PC, Notebook, Smartphone, bahkan SMS. agar dalam menulis tercipta suasana yang lebih rileks agar dilakukan di ruangan terbuka yang sejuh dan hening ditambah beberapa selingan semacam makanan kecil dan minuman hangat / dingin sesuai selera, atau iringan nada dalam musik. Buat suasana serileks mungkin agar kita dapat menikmati proses penulisan dengan sebaik-baiknya. Sederhana, mudah dilakukan asal ada niat, dan tentunya hemat biaya.

3. Olahraga

Olahraga sudah menjadi gaya hidup sebagian besar masyarakat dan hingga kini hari Minggu selalu diramaikan dengan acara yang berunsur olahraga dimanapun kita berada. Modalnya pun sederhana, semisal jogging kita hanya perlu sepatu olahraga dan busana olahraga seperlunya, bahkan tidak jarang ada yang memilih tidak menggunakan alas kaki. Secara umum aktivitas olahraga khususnya di pagi dan sore hari sangat nyaman dilakukan di hari Minggu yang bebas rutinitas serta tentunya dapat menyegarkan jiwa dan raga dengan hal-hal baru yang selalu ada saja dimanapun kita mengambil lokasi untuk berolahraga. Selain menjunjung tinggi slogan “Mensana En Corpore Sano“, tentunya olahraga juga solusi sederhana bagi kantong kita dalam mengisi hari Minggu bersama orang-orang terkasih.

4. Wisata Alam Tersembunyi

Wisata Alam terutama di Indonesia relatif masih dapat dijangkau oleh kantong kita, terutama bila lokasinya belum banyak diketahui publik. Cukup dengan modal kesiapan fisik dan transportasi, kita sudah dapat menjelajah wisata alam yang kita mau seraya menikmati proses perjalanan yang dilalui. Selain menyegarkan, eksplorasi wisata alam juga dapat semakin mendekatkan kita pada Sang Pencipta bahwa karya ciptaan-Nya di dunia ini sungguh indah dan layak untuk disyukuri keberadaannya. Beberapa wisata alam lokal yang layak dikunjungi khususnya di daerah Bojonegoro adalah Negeri Atas Angin di Desa Deling Kecamatan Sekar, Waduk Pacal di Desa Kedungsumber Kecamatan Temayang, Kedungmaor di Desa Kedungsari Kecamatan Temayang, Air Terjun Kedung Gupit di Desa Krondonan Kecamatan Gondang, dan Kahyangan Api di Desa Sedangharjo Kecamatan Ngasem. Akses untuk ke lokasi tersebut relatif tidak sulit, dan tentunya dengan biaya yang relatif murah.

5. Membersihkan Rumah

Nah, ini dia solusi yang mungkin akan banyak dipilih untuk mengisi waktu di akhir pekan. Setelah hampir sepekan menghabiskan waktu untuk rutinitas harian, membersihkan rumah sudah pasti akan jadi prioritas agar rumah senantiasa nyaman ditinggali. Usahanya tidak perlu banyak biaya, cukup persiapan niat dan fisik saja. Bukankah kebersihan adalah sebagian dari iman? Sederhana bukan?Semoga bermanfaat.

Penulis : Aditya Widyanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *