ZonaMakassar.Com, Makassar – Dinas Penataan Kota Makassar akan pengujian aplikasi bersama Siparua. Aplikasi Siparua sendiri merupakan singkatan dari Sistem Informasi Penataan Ruang.

Kepala Dinas Penataan Ruang Kota Makassar Nirman Miswan Mungkasa menjelaskan aplikasi Siparua sebagai bagian dari upaya untuk memaksimalkan pengawasan terhadap pendirian bangunan di Kota Makassar.

“Belum diluncurkan, saya ingin mengoptimalkan lagi agar masyarakat menggunakannya lebih mudah lagi,” ujarnya.

Aplikasi Siparua juga untuk mengajak masyarakat dalam mengawal dan melaporkan bangunan yang melanggar di Kota Makassar. Pada aplikasi tersebut tersedia ruang khusus pengaduan yang memungkinkan masyarakat untuk melaporkan lokasi pelanggaran melalui google maps, dan disertai dengan memberi bukti dokumentasi berupa foto dan juga tersedia ruang keterangan terhadap laporan yang bakal diajukan.

“Aplikasi tersebut sudah bisa diunduh melalui play store, tetapi itu masih uji coba, ” kata dia.

Dia menatakan, saat ini, masih menemukan beberapa kerumitan pada aplikasi tersebut. Untuk itu, dia menyebut telah meminta untuk melakukan perbaikan agar maksimal.

“Supaya orang yang melakukan pengaduan kepada pemerintah bukan hoaks,” terangnya.

Kendati begitu, ia menyebut menarget aplikasi tersebut dalam waktu dekat diperkenalkan kepada masyarakat . Di sisi lain dia menekankan tak ingin aplikasi tersebut asal-asalan.

Menurut dia, dengan adanya aplikasi tersebut, nantinya bakal memudahkan dirinya untuk melakukan pengawasan untuk memastikan penertiban bangunan yang melanggar aturan.

“Lebih intens lagi, pengawasan lebih kencang lagi,” tutupnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.