Armada Pengangkut Sampah Dipasang Teknologi IoT, Iqbal Suhaeb: Agar Mudah Terpantau

0
10

Zonamakassar.com, Makassar – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar membuat gebrakan untuk mewujudkan Makassar Smart City. Kali ini, Pemkot Makassar menggandeng PT Telkomsel untuk menerapkan teknologi Internet of Things (IoT) pada setiap armada pengangkut sampah.

Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar M Iqbal Suhaeb mengatakan kerja sama ini dalam bentuk teknologi IoT Telkomsel Fleetsight yang bertujuan mempermudah Pemkot Makassar untuk memonitoring armada operasional seperti pengangkut sampah dan jaga kota.

“Alhamdulillah kami (Pemkot Makassar) sangat bersyukur. Tentu saja ini salah satu inovasi agar kita lebih mudah memantau kendaraan operasional kita. Kami berharap kerja sama ini dapat berkontribusi positif terhadap keamanan, efektifitas, dan efisiensi operasional pelayanan yang dapat menjangkau seluruh wilayah Kota Makassar,” ucap Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb usai melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Direktur Utama Telkomsel, Emma Sri Martini di Hotel Mercure, Jalan AP. Petta Rani, Kamis (5/9/2019).

Iqbal mengaku dengan adanya teknologi IoT tersebut, untuk meningkatkan keselamatan dan efisiensi lebih dari 200 unit kendaraan pengangkut sampah dan Jaga Kota di Makassar.

Pemkot Makassar akan mendapatkan manfaat terkait kemudahan dalam memonitor kendaraan, meningkatkan produktivitas, menekan biaya operasional, sekaligus menjaga keselamatan petugas dalam bekerja.

Telkomsel FleetSight menghadirkan solusi IoT terkini untuk aset-aset bergerak termasuk memonitor dan mengontrol armada kendaraan dengan menyematkan perangkat telematika berbasis satelit yang diintegrasikan dengan berbagai jenis sensor atau peralatan tambahan pada kendaraan.

Teknologi ini mampu merekam semua paramater mobilitas aset dan sekaligus menyediakan informasi ini kepada pengguna baik dalam bentuk insight maupun data, seperti pilihan rute, jam operasional kendaraan, perilaku pengemudi, hingga mengukur batas kecepatan.

Data – data tersebut juga dikombinasikan dengan rule dan alert yang mampu memberikan peringatan secara real time ketika terjadi pelanggaran standar operasional.

“Misalnya melebihi kecepatan, beroperasi di luar jadwal, melintasi rute yang bukan seharusnya, temperatur kerja komponen – komponen kritikal melebihi standar, dan lain – lain,” paparnya.

Telkomsel FleetSight juga berkontribusi membuat kendaraan dapat lebih ramah lingkungan karena mampu mengurangi emisi hasil pembakaran.

Direktur Utama Telkomsel, Emma Sri Martini menambahkan Telkomsel bangga dapat kembali menghadirkan solusi inovatif berbasis Internet of Things di berbagai industri, yang sejalan dengan komitmen Telkomsel untuk mendukung visi Making Indonesia 4.0 dari pemerintah.

“Di era Industri 4.0 seperti sekarang ini, perusahaan dituntut untuk dapat mengadopsi inovasi digital untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan, dan layanan Fleetsight Telkomsel akan mendukung Pemerintah Kota Makassar untuk terus bergerak maju mengakselerasikan efektivitas dan efisiensi dalam operasional bisnis dengan tetap menjaga tingkat keselamatan operasionalnya,” pungkas Emma.

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.