Bawaslu Sulsel Nyatakan 15 Camat tak Terbukti Langgar UU Pemilu

0
70

ZonaMakassar.com – Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi selatan (Sulsel) memutuskan 15 Camat tidak melanggar Undang Undang (UU) Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Putusan tersebut berdasarkan hasil sidang pleno di kantor Bawaslu Sulsel Jalan AP Pettarani Makassar, Senin (11/3/2019).

Ketua Bawaslu Sulsel, La Ode Arumahi mengatakan berdasarkan hasil klarifikasi dan pemeriksaan sejumlah saksi dan juga terlapor seperti 15 camat dan mantan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, Sentra Gakkumdu Sulsel memutuskan tidak ada pelanggaran yang dibuat 15 camat se- kota Makassar.

” Kami mengambil kesimpulan bahwa camat yang dilaporkan itu tidak melanggar UU Pemilu. Kami menilai tidak memenuhi unsur untuk dinaikkan ke tahap penyidikan,” ujarnya kepada sejumlah wartawan yang menemuinya.

Meski tidak menemukan pelanggaran hukum UU Pemilu, Arumahi mengatakan 15 camat yang diduga tidak netral tersebut diduga melakukan pelanggaran hukum lainnya. Sehingga Bawaslu Sulsel mengirimkan rekomendasi kepada Komite Apratur Sipil Negara (KASN)

Diberitakan sebelumya, beredar video 15 camat bersama mantan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo yang diduga memberikan dukungan kepada salah satu pasangan calon presiden (Capres) nomor urut 1 Jokowi-Maruf Amin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here