Begini Cerita Reza Rahadian Kenang Sosok BJ Habibie

0
44

Zonamakassar.com. Jakarta – Aktor Reza Rahadian hadir dalam pemakaman Presiden ke-3 Baharuddin Jusuf (BJ) Habibie di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta. Pemeran Habibie dalam ‘Habibie & Ainun’ itu mengungkapkan, banyak cerita dan kedekatannya dengan almarhum sejak menggarap film yang ditulis untuk menghormati dan mengenang mendiang Hasri Ainun Besari.

Menurut Reza, dia mulai dekat secara pribadi saat bekerja sama di film ‘Habibie & Ainun’. Saat itu, Reza banyak berdiskusi bersama Bapak Teknologi itu seputat cara pelafalan bahasa Jerman hingga jalan cerita dalam skenario.

“Banyak dikoreksi ini salah bahasanya begini-begini. Tak terlupakan,” kata Reza di lokasi, Kamis (12/9/2019).

Reza Rahadian paling ingat suatu momen di mana dia kelelahan di lokasi syuting dan jatuh sakit. Saat itu, Habibie sampai datang ke lokasi syuting untuk membawanya ke rumah sakit.

“Saat itu perhatiannya saya ingat banget. Saya ngotot tetep syuting. Eyang dateng ke lokasi minta syuting dihentikan. Saya dimasukkan ke dalam mobil pribadinya, beliau menunggu memastikan sampai saya masuk ruang rawat inap lalu pulang,” kata Reza Rahadian.

Reza Rahadian mengungkapkan selama 4 hari terakhir dia sudah punya perasaan gelisah dan tak enak. Ketika mendengar Habibie kritis, maka hal itu semakin membuatnya tak tenang.

“Empat hari ini cukup ada sesuatu yang menggelisahkan. Ketika dengar eyang kritis saya ingat kata-kata eyang ‘Reza suatu saat ketika eyang sudah enggak ada. Orang akan mengenal eyang dan eyang putri lewat film, itu medium yang bisa mengenang. Kalau suatu saat diminta lagi tolong bersedia ya’,” tutur Reza Rahadian

Menurut Reza Rahadian, sejak mulai mengenal secara pribadi, Habibie adalah sosok negarawan yang sederhana dan terbuka. Habibie juga selalu berbicara tanpa jarak kepada siapapun.

“Dari awal belum mengenal hingga akhirnya jadi sangat dekat. Dulu hanya kenal dari layar kaca dari sejarah. Pas kenal pribadi, sosoknya sederhana layaknya bertemu eyang kakek, tak ada jarak. Dengan awak media juga sangat outspoken kerabat. Terbuka dan tidak didesain,” jelas Reza Rahadian.

Satu kutipan dan pelajaran yang paling diingat Reza adalah ketika Habibie menegaskan prinsip soal cinta. Reza yakin saat ini Habibie sudah tenang bersama Ainun di tempat terindah di sisi-Nya.

“Akan selalu saya ingat kata-kata eyang bahwa ‘kamu kalau bekerja itu tak akan pernah cukup meski dengan ilmu pengetahuan, tak akan cukup kalau tak didukung dengan cinta’,” papar Reza Rahadian. (jp)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.