ZonaMakassar.Com, Makassar – Kepala Bagian Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Makassar, Andi Rahmat Mappatoba mengingatkan kepada sleuruh Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) se Kecamatan Wajo dan Kepulauan Sangkarrang untuk tetap menjaga kerukunan dan kebersamaan jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Hal tersebut disampaikan Andi Rahmat saat Bimbingan Teknis (Bimtek) RT/RW se Kecamatan Wajo dan Sangkarrang di Hotel Dinasti Makassar, Selasa (19/3/2019).

Dia menjelaskan, Bimtek RT RW yang dilaksanakan pada hari ini berdasarkan surat keputusan Wali Kota Makassar nomor 3 tahun 2016 tentang indikator penilaian kinerja RT RW Kota Makassar.

“Kami harapkan memang melalui Bimtek ini dapat meningkatkan peran dan tugas pokok fungsinya khususnya dalam rangka pemberdayaan di wilayahnya masing-masing,” ujarnya.

Ke depannya, ungkap Rahmat, RT RW bisa mengembangkan dirinya dan memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat. Apalagi, imbauan dalam meningkatkan kapasitas dan pelayanan sudah diperkuat melalui Peraturan Wali Kota.

“Besar harapan kami RT RW ini meningkatkan kapasitas dirinya,” sambungnya.

Terkait kinerja RT/RW di Makassar, Rahmat mengakui sudah semakin baik, namun tentunya masih perlu ditingkatkan terus menerus.

“Saya lihat RT RW ini sudah berdaya, apalagi dengan dukungan teknologi dan fasilitas yang diberikan,” sebutnya.

Sementara itu, Camat Wajo, Aulia Arsyad mengajak seluruh Ketua RT/RW untuk senantiasa merawat kerukunan dan kebersamaan dalam mengawal kelancaran berbagai program yang telah disusun oleh Pemerintah Kota Makassar.

Menurut Aulia Arsyad Ketua RT/RW harus kompak dan sama-sama fokus mengerjakan serta menuntaskan berbagai program yang masih berjalan maupun yang nantinya akan dikerjakan.

“Kekompakan dan kebersamaan adalah modal paling besar dalam menjaga maupun memajukan sebuah peradaban, kita semua tentu berharap hal tersebut dimiliki para Ketua RT/RW,” ungkap Camat Aulia.

Meski demikian, Camat Aulia juga menjelaskan bahwa pada momentum politik seperti sekarang kekompakan tersebut selalu terancam, sehingga dirinya berharap para Ketua RT/RW tidak terjebak pada kelompok atau individu yang berniat memecah belah.

“Politik sudah seharusnya dijalankan secara santun dan lebih menekankan asas demokrasi, kita semua harap para Ketua RT/RW tidak ikut-ikut menjadi penyebab perpecahan warga hanya karena perbedaan pandangan politik,” ujarnya.

Namun dalam Bimtek kali ini, Camat Aulia juga tetap berpesan agar RT/RW tetap maksimal mensosialisasikan Pemilu 17 April 2019 mendatang, untuk upaya meningkatkan partisipasi pemilih.

“Sosialisasi Pemilu 2019 harus semakin Mashib, selain KPU bisa dibilang RT/RW adalah ujung tombak apalagi mengingat tingkat pemilih di Kota Makassar sangat rendah pada Pilkada kemarin sehingga semua harus berperan mewujudkan peningkatan itu,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.