Caleg PSI Jadi Tersangka Usai Kampanye Di Kampus

ZonaMakassar.Com, Jakarta – Salah satu Caleg Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menjadi tersangka karena telah berkampanye di dalam Kampus. (23/02/2019)

Ranat menjadi tersangka lantaran menggelar kampanye di kampus Sekolah Tinghi Ilmu Ekonomi Pembangunan.

“Iya betul (tersangka), inisialnya RMP,” kata Ketua Bawaslu Tanjungpinang Muhamad Zaini, Sabtu (23/2/2019) .Dikutip Dari Detik.com

Menurut Zaini, Ranat adalah Caleg PSI Dapil Bukit Bestari, Tanjung Pinang.

Sosialisasi yang dilakukan dia (Ranat) Dilakukan Awal Bulan Januari lalu.

“Jadi dia melakukan kampanye di kelas, mengenalkan diri, mensosialisasikan diri sambil membagikan kartu nama untuk sejumlah mahasiswa di STIEP,” katanya.

Laporan pun diterima Bawaslu Tanjungpinang lalu melakukan penyilidikan selama 14 Hari.

Bawaslu Tanjungpinang, yang saat itu menerima laporan, lalu melakukan penyelidikan selama 14 hari. Lalu, setelah disetujui, disetujui dan tidak disetujui.

“Kemudian dinaikkan ke atas, penyidikan, dilakukan di Bawaslu, penyidikan di pihak kepolisian dilakukan 14 hari juga. Setelah itu, penuhi semuanya dilimpahkan ke kejaksaan. Kemudian dari kejaksaan juga memenuhi tidak semuanya. Lalu terhadap Ranat sudah resmi jadi tersangka. Jadi sudah selesai di Sentra Gakkumdu, terdiri dari Bawaslu, kepolisian, dan kejaksaan, ”katanya.

Zaini menambahkan Ranat disangkakan dirilis UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum Pasal 521 juncto 280. Ranat terancam hukuman 2 tahun penjara.

“Minta di situ (di UU itu) melarang melakukan kampanye di tempat pendidikan. Jika melakukan kampanye di tempat pendidikan, termasuk di tempat yang ditolak, maka sanksinya 2 tahun penjara dan sanksi denda Rp 24 juta, ”pungkasnya. (*)

More To Explore

Esports

ESI Makassar Sukses Gelar Turnament Perdana

Zonamakassar.com, Makassar – Induk Olahraga Eloktronik ESports Indonesia (ESI) kota Makassar melaksanakan turnament pertamanya. Makassar Esports Turnament ini menggelar dua cabang esports Mobile Legends dan