Zonamakassar.com, Makassar – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah mencairkan anggaran Kelurahan. Untuk kota Makassar, setidaknya total Rp 55 miliar akan diterima oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar untuk nantinya disalurkan ke masing-masing kelurahan.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Makassar, Andi Khadijah Iriani. Ia mengungkapkan dari total Rp 55 miliar tersebut, nantinya setiap kelurahan di Makassar akan mendapatkan Rp 352 juta.

“Total dana kelurahan tahun ini ada Rp 55 miliar. Itu dibagi lagi, Rp 54 miliar dana keluaran dan Rp 1 miliar untuk pengawasan. Karena ini baru pertama kali, kita bagi rata ke semua kelurahan, jadi sekitar Rp 352 juta per kelurahan,” ungkapnya.

Dia mengingatkan, dana dari Kemendagri RI tersebut dipergunakan sebesar-besarnya untuk kepentingan masyarakat. Di mana dalam proses perencanaan dan penganggarannya harus berdasarkan musyawarah pemerintah, dengan masyarakat, dalam hal ini Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM).

“Bisa dibilang di kelurahan ini masih baru dalam hal perencanaan dan penganggaran maka perlu hati-hati dalam penggunaannya. Dan ini harus diketahui prosesnya oleh masyarakat, LPM dan pemerintah kecamatan juga,” jelasnya.

Sebagaimana yang tertuang dalam Permendagri Nomor 130 tahun 2018, dana kelurahan diperuntukkan dalam pembangunan sarana dan prasarana kelurahan dan pemberdayaan masyarakat di kelurahan.

Pembangunan yang dimaksud yakni pembiayaan yang berdampak peningkatan kualitas hidup masyarakat, yang meliputi pengadaan, pembangunan, pengembangan dan pemeliharaan sarana dan prasarana lingkungan pemukiman, transportasi, kesehatan, pendidikan, dan kebudayaan .

Untuk pemberdayaan masyarakat yang ada di kelurahan digunakan untuk peningkatan kapasitas dan kapabilitas masyarakat dengan mendayagunakan potensi sumber daya sendiri. Seperti pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah, Ketentraman dan ketertiban umum, serta penguatan kesiapsiagaan bencana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.