ZonaMakassar.com – Dinas Pertanahan kota Makassar menggelar Forum Perangkat Daerah (FPD) di Ruang Sippakalebi kantor Balai Kota Makassar, Selasa (26/2/2019).

Wakil Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal mengatakan keberadaan FPD sangat penting, meski banyak pihak yang baru mengetahui soal FPD.

“Untuk sebagian kalangan belum terlalu menganggap hal ini (FPD) sebagai hal yang penting, padahal dalam UU sistem perencanaan nasional di wajibkan untuk kita menyusun RKPD,” ujarnya.

Deng Ical sapaan akrabnya, mengaku FPD sangat penting karena bisa menyelaraskan seluruh program kerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kota Makassar.

“Kita ingin memastikan proses input dari pelaksanaan program kita itu benar-benar bisa optimal secara Bottom Up dan juga secara horizontal dengan berbagai pihak bisa connect,” sebutnya.

Deng Ical menegaskan seluruh pembahasan di FPD harus connect dengan Rencana Strategis (Renstra) dan juga RPJMD Pemkot Makassar.

” Jangan sampai apa yang bisa bikin perencanaan kita lupakan apa yang menjadi rekomendasi dari kecamatan. Jangan kita mengacuhkan apa yang menjadi usulan dan temuan dari teman-teman DPRD melalui resesnya,” tegasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanahan Makassar, Manai Sophian mengatakan ada tiga program penting yang masuk dalam RKPD Dinas Pertanahan. Tiga poin tersebut yakni, pertama pengadaan tanah untuk pembangunan dan kepentingan pemerintah.

“Kedua program penataan dan pengadministrasian tanah milik pemerintah kota. dan terkahir program pengamanan tanah dan aset Pemkot,” ujarnya.

Mantan Kepala Bagian Hukum Pemkot Makassar ini Dinas Pertanahan Makassar juga mendorong Sistem Informasi Manajemen Aset Tanah Kota (SIMATA).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.