ZonaMakassar.Com, Makassar – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Makassar bersama Lantamal Makassar turut berpartisipasi dalam turut serta dalam program padat karya aksi massal bersih-bersih kanal 284 sepanjang 2,8 Kilometer (Km) dari Masjid Al Markaz Makassar hingga Trashrack Pannampu yang diselenggarakan oleh Otoritas Pelabuhan Utama Makassar, Minggu (28/4/2019).

Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Makassar, Rahmatullah menjelaskan aksi massal bersih kanal bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar tidak membuang sampah ke kanal yang akhirnya akan hanyut ke laut. Akibat sampah tersebut, terkadang memenuhi dan terbawa hingga pelabuhan Makassar.

” Akibatnya tercipta kolam sampah di Pelabuhan Makassar. Ini bisa membahayakan pelayaran di Pelabuhan Makassar,” sebutnya.

Sementara itu Humas Dinas PU Makassar, Hamka Darwis mengatakan dalam program massal ini, terlibat setidaknya ribuan orang dari warga serta instansi terkait dari Dinas PU Makassar, Lantamal VI, dan Otoritas Pelabuhan Utama Makassar.

Selain itu, nantinya akan dibentuk Kelompok masyarakat pengawas (Pokmaswas) yang akan bertugas memberika penyuluhan dan pengawasan kepada masyarakat sekitar agar tidak membuang sampah ke kanal.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.