ZonaMakassar.Com Makassar – Dinas Kesehatan (Dinkes) Makassar bersama Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia (IDGAI) menggelar bakti sosial di Pantai Akkarena Makassar, Kamis (7/3/2019).

Kepala Dinkes Makassar, Naisyah T Azikin berharap dengan adanya bakti sosial bisa memberikan pemahaman kepada seluruh pelajar Makassar untuk senantiasa menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan cara rajin menyikat gigi 2 kali sehari.

“Kita tadi sudah dengar penyuluhan tentang menjaga kesehatan gigi dan mulut. Harus menyikat gigi dua kali sehari, bangun tidur dan sebelum tidur,” ungkapnya.

Naisyah menjelaskan, waktu yang paling penting menyikat gigi sebenarnya pada saat sebelum tidur di malam hari. Pasalnya, sisa-sisa makanan yang ada di sela-sela gigi dapat menggerogoti selaput gigi di malam hari. Apalagi jenis makanan yang manis.

Lanjut Naisyah, Pemkot Makassar saat ini telah memiliki program Pembinaan Kecamatan Sehat Gigi. Melalui program ini, kata Naisyah, seluruh siswa siswi diperiksa giginya secara intensif.

“Perlu terus menerus program pembinaan kecamatan sehat gigi, karena di Makassar kasus kerusakan gigi pada anak usia sekolah masih tinggi olehnya perlu penanganan cepat dan intens,” tegas Naisyah.

Naisyah pun mengungkapkan, ke depannya perlu kerjasama antara pihak Dinkes Makassar dengan CSR Perusahaan untuk menyediakan sikat gigi gratis bagi anak sekolah baru.

“Dampaknya anak sekolah yang sakit gigi, mereka tidak akan fokus belajar, makanya kita dari pihak sekolah dan juga orang tua mengimbau dan mengawasi anaknya agar rajin menyikat gigi,” pungkasnya.(Js)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.