ZonaMakassar.Com, Makassar – Wali Kota Makassar, Moch Ramdhan Pomanto mendukung rencana Gubernur Sulawesi selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah yang ingin membersihkan Anak Jalanan (Anjal), Gelandangan dan Pengemis (Gepeng) yang ada di kota Makassar. (29/03/2019)

Danny Pomanto menilai hal tersebut sangat baik untuk menjadikan kota Makassar dari anjal dan gepeng. Apalagi Gubernur Sulsel menargetkan, Kota Makassar akan bebas pengemis dan anak jalanan di bulan April nanti.

“Memang harus Pemprov Sulsel dan Pemkot Makassar membenahi anak jalanan pengemis ini. Anak jalanan pengemis ini banyak dari luar kota Makassar,” tegasnya.

Menurut Danny, selama ini penanganan anak jalanan dan pengemis di Makassar oleh Dinsos sudah berjalan baik. Ke depan, Danny berharap, Dinsos Makassar dan Sulsel terus membenahi permasalahan anak jalanan dan pengemis ini.

Lanjut Danny, sebenarnya permasalahan anak jalanan dan pengemis harus dibenahi dari hulu ke hilir.

“Jangan tunggu anjal pengemis di jalanan baru ditangani. Harus diselidiki apa penyebab anjal dan pengemis berada di Makassar,” katanya.

Danny beranggapan, kaum urban yang berdomisili dari luar Makassar yang menyebabkan bertambahnya anak jalanan dan pengemis. Kaum urban, kata Danny, mencari makan di Makassar namun mereka tidak mendapatkan pekerjaan sehingga terpaksa menjadi pengemis.

“Kemilau Makassar dengan pertumbuhan ekonomi yang begitu tinggi dengan kemiskinan yang berada di sekitarnya itulah penyebabnya. Olehnya harus diselesaikan secara provinsial,” tegasnya.

Olehnya, jelas Danny, upaya yang perlu ditempuh Pemprov Sulsel dan Pemkot Makassar menyelesaikan permasalahan anak jalanan dan pengemis ialah dengan cara Dinas Sosial Sulsel harus memberikan pembinaan di daerah-daerah sekitar Makassar.

“Memberikan pelatihan di daerah-daerah. Memberdayakan warga daerah agar mereka tidak ke Makassar lagi,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.