Zonamakassar, Makassar – Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI (Purn) George Toisutta meninggal dunia hari ini di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat. Rencananya, jenazah George akan dimakamkan di makam orang tuanya di Makassar.

“Dimakamkan di kuburan orang tua. Di RS Dadi. Dia di atasnya orang tuanya,” kata kakak ipar George Toisutta, Asri Syamsuddin, di rumah duka, Jalan Rutan, Gunungsari, Makassar, Rabu (12/6/2019).

Asri mengatakan jenazah George diperkirakan tiba di Makassar sekitar pukul 15.00 Wita. Selanjutnya, jenazah akan disalatkan di Masjid Nurul Ilmi, yang tak jauh dari rumahnya.

“Selesai disembayangi di situ, lalu upacara pelepasan jenazah secara resmi oleh Pangdam Hasanuddin,” ucapnya.

Asri menyebut George sebagai sosok yang ramah. Dia menyebut George sebagai orang yang banyak senyum.

“Banyak sekali, ramah, baik, banyak senyum. Jadi beliau itu semasa hidupnya itu keliling, terakhir masih sakit dia sempatkan ke kampung halamannya di Ambon itu kampungnya bapaknya,” terang dia.

Pantauan di rumah duka, tampak beberapa karangan bunga ucapan belasungkawa telah berderet rapi. Ada karangan bunga dari Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto

mantan Panglima TNI (Purn) Gatot Nurmantyo, dan Kepala Staf Angkatan Darat Mayjen Andhika Perkasa.

George Toisutta merupakan lulusan Akmil tahun 1976. Dia merupakan pernah menjabat Pangkostrad sejak 2007 hingga 2009. Karirnya lalu melonjak dan menjadi KSAD era Presiden SBY tahun 2009-2011

Setelah itu, George juga pernah maju dalam kursi perebutan calon Ketua Umum PSSI. Saat itu dia bersaing dengan Nurdin Halid dan Nirwan Bakrie, tapi posisi ketum dimenangi Nurdin.

Pada Selasa (11/6), George sempat dijenguk rekannya, Prabowo Subianto, saat masih dirawat di RSPAD.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.