Gelar Sosialisasi, Manai Sofyan: Masyarakat Harus Tahu Penataan dan Pemanfaatan Tanah Negara

0
4

Zonamakassar.com, Dinas Pertanahan kota Makassar menyelenggarakan sosialisasi penataan dan pemanfaatan tanah negara di Makassar Golden Hotel (MGH), Selasa (23/7/2019).

Kepala Dinas Pertanahan Manai Sofyan mengatakan tujuan digelarnya sosialisasi agar para masyarakat tahu dan memahami tentang penataan dan pemanfaatan tanah negara sesuai aturan yang berlaku dalam UU PA nomor 5 tahun 1960.

“Aparat perlu memahami lebih jauh bagaimana pemanfaatan tanah negara tersebut serta dapat meminimalisir permasalahan tanah dalam masyarakat baik perorangan, kelompok, golongan organisasi, yang dapat berdampak luas secara Sosial – politis,” katanya.

“Selain itu setiap aparatur pemerintah lebih paham tentang prosedur administrasi pertanahan yang sesuai dengan undang-undang yang berlaku sesuai dengan undang-undang nomor 30 tahun 2014,” ujarnya

Asisten l Bidang Pemerintahan Pemkot Makassar Azis Hasan dalam sambutannya menjelaskan persoalan tanah merupakan hal yang sangat pelik permasalahannya dimasyarakat, sehingga dengan adanya sosialisasi yang diselenggarakan dinas pertanahan kota Makassar, masyarakat dapat memahami tentang tanah negara.

“Tanah negara bebas adalah tanah negara yang belum pernah ada hak di atasnya misalnya ada hak guna bangunan (HGB) atau hak lainnya dan ketika jangka waktunya tidak diperpanjang maka otomatis dikuasai oleh negara, namun negara kembali dapat mmberikan kembali hak tanah tersebut sebagai hak prioritas,” jelasnya.

Peserta sosialisasi ini adalah perangkat tingkat kecamatan, kelurahan sampai perangkat ditingkat RW maupun RT.

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.