Gencar Lakukan Penertiban, Dinas Penataan Ruang Makassar Tertibkan 100 Bangunan Tanpa IMB

Zonamakassar.com, Makassar – Dinas Penataan Ruang kota Makassar semakin gencar melakukan penertiban terhadap bangunan yang tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Kepala Dinas Penataan Ruang Kota Makassar, Nirman Miswan Mungkasa, mengatakan Dinas Penataan Ruang kota Makassar mengimbau kepada masyarakat agar mengurus IMB sebelum melakukan pembangunan. Pasalnya, jika tidak maka akan melanggar aturan.

Apalagi, kata dia, berdasarkan data Dinas Penataan Ruang kota Makassar setidaknya sudah ada 100 bangunan yang mendapatkan teguran karena tidak memiliki IMB saat membangun.

“Kami bekerja sesuai dengan aturan dan SOP (Standar Operasional Prosedur). Kalau ada yang melanggar kami pasti akan surati sebagai bentuk teguran kepada pemilik bangunan,” ujarnya.

Sejauh ini, kata dia, Dinas Penataan Ruang telah melakukan penertiban bangunan, bahkan sampai ke tahap penyegelan.

“Pemilik bangunan yang tidak proaktif melakukan klarifikasi maka dikenai sanksi terberat sampai penyegelan dan pembongakaran bangunan,” ujarnya.

Ia menambahkan ada tim yang bertugas memberi teguran bagi mereka yang sementara membangun atas dasar ada atau belum mempunyai IMB di Kota Makassar.

“Untuk progres teguran bangunan yang belum memiliki IMB sudah kita arahkan untuk mengurus IMB-nya, hingga saat ini sudah lebih dari 100, dimulai dari awal tahun ini,” paparnya.

Diketahui, sebelumnya Dinas Penataan Ruang Kota Makassar telah membentuk 14 tim pengawasan yang tersebar pada tiap kecamatan di Kota Makassar.

Hingga saat ini, Dinas Penataan Ruang Kota Makassar sudah menindaki empat bangunan liar. Keempat bangunan tersebut ada yang langsung dibongkar dan ada yang baru sampai pada tahap penyegelan.(*)

More To Explore