ZonaMakassar.com – Kenaikkan harga bawang putih di pasar tradisional menjadi perhatian Dinas Perdagangan (Disdag) Makassar dengan melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke sejumlah distributor bawang putih dan juga pasar tradisional di kota Makassar, Senin (6/5/2019).

Kepala Disdag Makassar Nielma Palamba mengatakan sidak yang dilakukan menyusul meroketnya harga bawang putih di hari pertama ramadan, yakni Rp 42 per kilogram dari distributor, Rp 52 ribu hingga Rp 60 ribu per kilogram ditingkat pengecer, bahkan pasar modern menjual bawang putih dengan harga Rp 67 ribu per kilogram.

“Ini fenomena saat bulan ramadan, permintaan dari masyarakat naik, masyarakat cenderung menjadi panic buyer,” ungkapnya.

Hasil dari sidak tersebut, membuat Disdag Makassar meminta Bulog untuk melakukan pembelian bawang putih ke distributor agar dapat melakukan intervensi pasar.

“Jadi saya berkoordinasi dengan bulog, bulog akan membeli karena kita tidak punya anggaran untuk itu, bulog nantinya akan intervensi pasar menggunakan truk pengendali inflasi dari kami,” ucap Nielma.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.