Humas Pemkot Makassar Sosialisasi SP4N LAPOR di RSUD Daya Makassar

ZonaMakassar.Com – Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menggandeng Bandung Trust Advisory Group (Btrust) melakukan sosialisasi program penguatan penerapan Sistem Pengelolaan Pelayanan Publik Nasional (SP4N), Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) di RSUD Daya Kota Makassar, Jumat (12/7/2019).

Ruliana Darmawan dari Btrust mengatakan kegiatan ini sebagai salah satu tahapan kegiatan dari pelaksanaan program penguatan penerapan SP4N LAPOR di 33 pilot project yang salah satu daerahnya adalah Kota Makassar.

Ruliana mengaku SP4N LAPOR dikoordinasikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi, Kantor Sekretariat Presiden (KSP) dan Ombudsman Republik Indonesia.

“Program penguatan penerapan SP4N LAPOR dilaksanakan kurang lebih 18 bulan dari Desember 2017 sampai saat ini. Output pelaksanaan program dibagi menjadi dua kegiatan utama, yaitu penguatan kapasitas pengelolaan pengaduan melalui aplikasi LAPOR SP4N di Bagian Humas Kota Makassar dan peningkatan kapasitas pengelolaan pengaduan pada RSUD Daya Kota Makassar,” bebernya.

Ia mengungkapkan Btrust bersama Bagian Humas sudah menyusun SK Pengelolaan Pengeduan Pelayanan Publik melalui SP4N LAPOR dan melakukan kegiatan bimbingan teknis aplikasi SP4N LAPOR.

” RSUD Daya Kota Makassar sudah menyusun SK pengelola pengaduan, Standar Operasional Prosedur, Standar Pelayanan dan Kode etik pengelolaan pengaduan,” sebut dia.

Ruliana menambahkan program yang dilakukan ini menjalankan amanat dari Peraturan Presiden nomor 76 tahun 2013 tentang Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik dan Permenpan nomor 62 tentang Pedoman Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional.

“Diharapkan dengan program ini pengaduan Khususnya di RSUD daya Kota Makassar dilaksanakan secara cepat, tepat mudah dan tuntas,” ujarnya

“Sebagai kegiatan akhir dari program ini maka dilakukan kegiatan Sosialisasi program penguatan penerapan SP4N dan sebagai kegiatan internalisasi seluruh unit dan personil pengelola pengaduan di lingkungan RSUD daya Kota Makassar agar pengelolaan pengaduan di RSUD daya semakin terkoordinasi,”tegasnya.

Kepala Bagian Pelayanan Masyarakat RSUD Daya Surabaya, Dra. H. Asriati mengungkapkan SP4N LAPOR yang dibangun ini sebagai upaya pemerintah untuk memberikan akses kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam perbaikan layanan dan sebagai penyediaan alat penyampaian aspirasi untuk masyarakat.

“SP4N LAPOR sebagai upaya agar masyarakat bisa mengakses perbaikan layanan di RSUD Daya,” sebutnya.

Sementara itu, Perwakilan Ombudsman RI Muslimin B. Putra mengungkapkan bahwa RSUD Daya adalah OPD yang menyediakan layanan jasa. Olehnya itu, RSUD Daya harus ditonjolkan kualitas dari pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.

More To Explore