Jokowi saat kampanye rapat umum Akbar di Karebosi Makassar bersama Wali kota Makassar dan Gubernur Sulsel Maret 2019

ZonaMakassar.Com, Makassar – Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Armanatha Nasir mengatakan, sebanyak 30 negara memberikan ucapan kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi karena penyelenggaraan Pemilu 2019 di Indonesia berjalan dengan lancar. Ucapan tersebut disampaikan langsung oleh kepala negara dan ada yang melalui sosial media.

Tiga kepala negara yang menyampaikan langsung kepada Jokowi antara lain, PM Malaysia Mahathir Mohamad, PM Singapura Lee Hsien Loong, dan Presiden Turki Erdogan. Mereka secara langsung menelepon Jokowi via telepon, sehari setelah pencoblosan pemilu pada 18 April 2019.

“Memang ada sekitar 20 negara yang menyampaikan ucapan selamat kepada Indonesia atas pelaksanaan pemilu yang lancar, damai dan adil, melalui berbagai cara. Kepala negara yang telp langsung kalau tidak salah Turki, Malaysia, dan Singapore,” kata Armantha Nasir dikutip Liputan6.com, Sabtu (27/4/2019).

Adapun negara yang mengucapkan selamat atau memberikan komen positif terkait pelaksanaan pemilu Indonesia, baik melalui sosmed, release maupun ke media adalah Inggris, Korea Selatan, Palestina, Denmark, Thailand, Belanda, Afrika Selatan, Australia, Jerman, Kanada, Turki, dan Spanyol.

Perancis, Amerika Serikat, Afghanistan, Timor Leste, Iran, Singapore, Belgia, Norway, Rusia, Hongaria, Malaysia, Finland, Austria, Myanmar, Mesir, RRT, Vietnam, serta Pakistan juga memberikan selamat kepada Jokowi.

“Ada juga statement dari organisasi Internasional antara lain, UE (Uni Eropa), OKI (Organisasi Konferensi Islam),” sambung Dubes RI untuk Perancis itu.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima ucapan selamat dari sejumlah petinggi negara atas terselenggaranya Pemilu 2019 di Indonesia. Hal itu disampaikan Jokowi dalam konferensi pers di Pelataran Menteng, Jakarta Pusat, Kamis 18 April 2019.

“Tadi siang sampai sore kita telah menerima ucapan selamat dari PM Malaysia Mahathir Mohamad dan juga PM Singapura Lee Hsien Loong, dan juga Presiden Turki Erdogan dan juga 10 negara lainnya yang telah memberikan ucapan selamat atas suksesnya pesta demokrasi di negara kita,” ujar Jokowi.

Jokowi yang kembali maju di Pilpres 2019 bersama KH Ma’ruf Amin juga mendapatkan ucapan selamat dari para petinggi negara terkait capaiannya di Pilpres 2019. Juga terhadap seluruh masyarakat Indonesia yang mampu menciptakan pemilu yang damai.

“Beliau juga menyampaikan selamat kepada seluruh masyarakat Indonesia dan juga Jokowi dan KH Ma’ruf Amin atas keberhasilan Pemilu 17 April kemarin,” katanya.

Sementara itu, berdasarkan hasil penghitungan suara real count pada Sabtu (27/4/2019) sore ini, paslon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin masih mengungguli pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Real count dalam Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) KPU pukul 14.45 WIB, menunjukkan suara yang masuk sebesar 42.32286%. Suara tersebut berasal dari 344.233 TPS.

Berikut hasil sementara real count dari Situng KPU:

Nomor Urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin: 56,36 persen atau 36.443.052 suara.

Nomor Urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno: 43,64 persen atau 28.213.323 suara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.