ZonaMakassar.com, Makassar – Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar M Iqbal Suhaeb menerima kunjungan pengurus Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Sulsel di Baruga Angin Mammiri Rumah Jabatan Wali Kota Makassar, Sabtu (8/6/2019).

Dalam kunjungan tersebut, Iqbal menitipkan pesan agar IKA BKPRMI Sulsel bisa mengembalikan fungsi masjid. Ia mengaku prihatin dengan kondisi masjid saat ini yang seolah dikerdilkan.

Menurutnya ada tiga fungsi dasar mesjid haruslah menjadi kekuatan umat untuk terciptanya kondisi masyarakat atau sebuah kota Baldatun Thayyibatun wa Rabbun Ghafur (negeri yang subur dan makmur, adil dan aman).

“Intinya harus ada upaya untuk mengembalikan fungsi mesjid. Fungsi masjid jangan sampai disempitkan, karena itu saya meminta seluruh komponen umat utamanya BKPRMI untuk membantu hal ini,” ucap Iqbal.

Tiga fungsi dasar mesjid kata Iqbal yakni Fungsi zikir atau ibadah, fungsi pikir, dan fungsi sosial. Fungsi pertama, zikir karena masjid merupakan tempat bertawakkal, melaksanakan ibadah, menperbanyak zikir, mensucikan diri dan hati. Sehinggak tercipta rasa saling mengasihi yang berdampak tidak adanya saling dengki, iri, dan menjauhkan pertikaian antar sesama.

Kedua, fungsi pikir adalah menjadikan masjid tempat berdiskusi memikirkan fenomena atau hal-hal kekinian yang terjadi. Bahkan ia berharap kekuatan pikir ini dimulai dari masjid.

Sementara ketiga, fungsi sosial diharapkannya mesjid selain untuk meningkatkan kesalehan ritual juga menjadi pusat kesalehan sosial. Dari mesjid persoalan-persoalan sosial bisa dipecahkan. Sehingga tidak ada lagi kefakiran, mengatasi kemiskinan, anak jalanan, pengemisan, serta mengentaskan kebodohan dan penindasan.

“Yang mengherankan adalah ketika setiap hari mesjid semakin bertambah jumlahnya, namun kemiskinan, anak jalanan, dan pengemis, juga bertambah banyak. Berarti fungsi masjid tidak jalan. Ini yang kami harapkan ke IKA BKPRMI,” pungkas Iqbal.

Sementara itu, Ketua IKA BKPRMI Sulsel Abubakar Wasahua mengatakan organisasi berbasis mesjid ini wajib membantu pemerintah mewujudkan program-program untuk keumatan. Terlebih kata dia, Pj Wali Kota juga merupakakan alumni pengurus BKPRMI.

“Beliau adalah alumni BKPRMI, sehingga organisasi ini wajib berkontribusi mendukung dan menjalankan program pemerintah. Insya Allah, kami dapat menggaransi di bawah kepemimpinannya beliau mampu mengantarkan kota Makassar menjadi kota dengan masyarakat dan pemerintahan yang saleh,” ungkapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.