Ini Kata Ketua BNPB Soal Penjarahan Bantuan di Sulbar

Zonamakassar.com, Makassar – Penjarahan sejumlah warga terhadap pembawah bantuan sembako ke Sulawesi Barat terjadi beberapa waktu lalu dan viral di sosial media.

Sehingga kejadian ini mendapat tanggapan dari Kepala BNPB Doni Monardo.

Doni mengatakan, bantuan yang masuk tidak mesti bantuan semua harus disalurkan ke posko induk.

“Tadi sudah diarahkan Pak Gubernur bahwa bantuan yang berasal dari luar Mamuju dan luar Majene, itu bisa disalurkan langsung kepada masyarakat di sepanjang rute menuju ke posko utama sehingga tidak terjadi lagi pengambilan yang dilakukan oleh masyarakat,” kata Kepala BNPB Doni Monardo kepada wartawan di posko induk gempa bumi Sulbar, Kota Mamuju, Sabtu (16/1/2021) malam.

Apa yang dilakukan warga kata Doni, tidak sepenuhnya bisa dikatakan sebagai penjarahan.

Namun, ia mengatakan jika kepolisian telah melakukan keamanan agar terhindar dari kejadian serupa.

“Dan tadi Kapolda juga sudah memberikan pengamanan logistik yang dibawa oleh sejumlah pendonor dan juga oleh sejumlah pemerintah daerah.” jelasnya.

Sementara itu, Kapolda Sulsel Irjen Eko Budi Sampurno mengatakan penjarahan adalah mereka yang membawa bantuan logistik secara perorangan

“Jadi rata-rata dijarah itu adalah gerakannya secara perorangan kemudian dimanfaatkan oleh kelompok-kelompok tertentu yang sebetulnya bukan korban utama daripada bencana ini ” ujar Irjen Eko, Sabtu, (16/1).(*)

More To Explore