Inspektorat Makassar Apresiasi OPD Raih Poin Tertinggi SAKIP

0
13

Zonamakassar.com, Makassar – Inspektorat kota Makassar meminta kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk tidak jemawa dan berpuas diri setelah pada tahun 2018 lalu berhasil meraih poin tertinggi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di Sulsel.

Inspektorat Kota Makassar tetap menekankan agar OPD lingkup Pemkot Makassar agar menyampaikan progres rekomendasi penilaian SAKIP 2018 sekaligus menyempurnakan pemenuhan indikator SAKIP 2019.

Masing-masing OPD, kata Kepala Inspektorat Kota Makassar, Zainal Ibrahim, harus mampu menjelaskan road map serta sasaran strategis kinerjanya.

“Kepala OPD harus mampu menjelaskan sasaran strategis kinerja instansinya. Kami di Inspektorat akan melakukan beberapa reviu terkait produk-produk perencanaan masing-masing ODP berdasarkan amanat undang-undang,” ungkap Zainal Ibrahim, saat Evaluasi Reformasi Birokrasi 2019 dan Evaluasi Akuntabilitas Kinerja 2019, Rabu (31/7/2019).

Lebih lanjut, dia menjelaskan, perlunya rasionalisasi program dan kegiatan dalam dokumen perencanaan dan anggaran daerah sehingga dapat mencapai efisiensi dan efektivitas anggaran.

Sebagai informasi, nilai SAKIP 2018 Pemkot Makassar berada di posisi teratas yakni 67,92 poin, melampaui Pemprov Sulsel yang berada di angka 64,28 poin. Menyusul Pemkab Gowa dan Sinjai, masing-masing 62,80 dan 62,12 poin.

Untuk memudahkan review, Zainal Ibrahim meminta agar SKPD memaksimalkan pemanfaatan aplikasi e-Government. Selain itu pengoptimalan penginputan e-SAKIP Reviu serta Penilaian Lembar Kerja Evaluasi Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (LKE PMPRB) harus dilakukan.

“Sebagaimana amanah dari Permendagri 86 Tahun 2017 dan Permendagri No 10 Tahun 2018 kita akan melakukan beberapa tahapan reviu tehadap Perencanaan dan Penganggaran Pembangunan Daerah,” ujarnya.

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.