Inspektorat Sosialisasi LHKASN ke 409 Kepala SD dan SMP se Makassar

0
3

Zonamakassar.com, Makassar – Inspektorat kota Makassar terus mendorong agar Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar membuat Laporan Harta Kekayaan ASN (LHKASN), salah satunya kepada 409 Kepala Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se Kota Makassar.

Sekretaris Inspektorat, Dahyal menjelaskan keharusan bagia ASN untuk melaporkan harta kekayaannya kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

LHKASN, kata Dahyal, merupakan dokumen penyampaian daftar harta kekayaan ASN yang dimiliki dan dikuasai sebagai Bentuk transparansi aparatur negara.

” Pelaporan dan penyerahaan LHKASN sudah diatur dalam UU Nomor 28 Tahun 1999 Tentang Penyelenggara Negara yang bersih dan Bebas dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN). Terus UU No. 30 Tahun 2002 tentang KPK dan Surat Edaran No. 1 Tahun 2015 Kementrian PAN dan RB tentang Kewajiban Penyampaian LHKASN Dilingkungan Instansi Pemerintah,” ujarnya saat sosoalisasi di Ruang Sipakatau LT.II Kantor Balaikota Makassar, Selasa (27/8/2019).

Selain aturan tersebut, Wali Kota Makassar juga sudah mengeluarkan Peraturan Wali Kota (Perwali) Nomor 14 Tahun 2018 tentang Kewajiban Penyampaian LHKASN Di lingkup Pemkot Makassar

Pelaporan LHKASN, kata dia, bertujuan sebagai upaya pencegahan Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN), pencegahan penyalahgunaan wewenang.

” Ini juga sebagai bentuk transparansi ASN, dan penguatan integritas ASN,” sebutnya.

Sementara itu, Kasubag Evaluasi Pelaporan Inspektorat Makassar, Sulaeman menjelaskan pejabat dan pegawai berstatus ASN wajib LHKASN untuk pertama kalinya Non wajib LHKPN.

” Untuk waktu penyampaian LHKASN yakni tiga bulan setelah kebijakan ditetapkan, satu bulan setelah diangkat dalam Jabatan, dan satu bulan setelah berhenti dari jabatan,” jelasnya.

Ia menambahkan bagi ASN yang tidak melaporkan LHKASN dapat melakukan Peninjauan Kembali (Penundaan/Pembatalan) Pengangkatan Wajib Lapor LHKASN dalam Jabatan Struktural maupun Fungsional.

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.