ZonaMakassar.Com,Makassar – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menentukan setiap tanggal 1 April sebagai Hari Kebudayaan Makassar. Untuk memeriahkan peringatan Hari Kebudayaan, Dinas Pariwisata (Dispar) Makassar mengajak seluruh penggiat budaya di Makassar untuk turut serta.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dispar Makassar, Kamelia Thamrin Tantu mengaku Dispar Makassar mengajak pelaku seni dan penggiat budaya.

“Pada tanggal 1 April, Pemkot Makassar bakal mencanangkan Hari Kebudayaan Makassar. Dalam kesempatan ini saya mengajak seniman dan budayawan Makassar untuk turut serta meramaikan,” ungkap Kamelia Thamrin.

Dia menganjurkan agar seluruh warga Kota Makassar, mengenakan pakaian adat masing-masing saat beraktifitas rutin seperti biasa. Hal ini sebagai simbol bahwa warga Makassar adalah warga yang berbudaya.

“Salah satu bentuknya yakni kita kenakan pakaian adat masing-masing, biar dari etnis daerah mana saja. Kalau dia rapat di kantor dipakai juga baju adatnya,” kata Kamelia.

Dia mengatakan, momen Hari Kebudayaan Makassar akan dijadikan momentum untuk memperkenalkan keberagaman yang menyatu dalam kota yang bernama Makassar.

“Budaya itu identitas kita semua, keberagaman budaya adalah kekayaan kita, warisan kita. Budaya adalah pemersatu,” ujarnya

Lebih lanjut, Kamelia Thamrin memaparkan, pencanangan Hari Kebudayaan Makassar bakal dirangkaikan dengan ragam kegiatan kebudayaan selama sebulan penuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.