Zonamakassar.com, Makassar – Salah satu yang sering dikeluhkan oleh beberapa sopir ambulansdi forum daring adalah kesadaran pengendara lain memberi jalan kepada ambulans yang membawa pasien.

Kesadaran dalam memberi jalan ke ambulans masih jauh jika dibandingkan dengan negara-negara di luar negeri yang walaupun padat bisa membelah memberi jalur tengah untuk ambulans.

Namun, pelan-pelan tampaknya masyarakat pengguna jalan mengetahui dan sadar akan pentingnya memberi jalur pada ambulans terutama saat di kemacetan.

Setidaknya itulah yang terjadi di dalam video viral berdurasi 44 detik yang disebut terjadi di Makassar, Sulawesi Selatan berikut ini.

Saat macet di Underpass Simpang Lima Mandai, puluhan mobil membelah cantik untuk memberi jalan ke ambulans yang akan lewat.

“Ternyata kita bisa ngasih jalan buat ambulans, kayak di luar negeri,” tulis akun Twitter si pengunggah, @giewahyudi.

Dalam video tersebut memang terlihat begitu mirip dengan yang ada di jalanan luar negeri ketika ambulans membutuhkan jalur untuk lewat di tengah kemacetan.

Hal tersebut tentu saja mengundang pujian dari warganet, sekaligus keheranan karena ternyata orang Indonesia pun bisa melakukan hal yang biasanya hanya dilihat di video.

“Sudah jadi tradisi di Makassar kalo ada ambulance pasti diberi jalan. Karna rombongan yg naik motor didepan ambulance duluan untuk meminta membuka jalan. Kalo gak mau minggir dan kasi jalan buat ambulans siap2 kaca mobil pecah,” jelas @umayshiddieq.

“ini biasanya dibantu sama anak2 BRAVO untuk membuka jalan. salut sama anak2 Bravo,” tambah @karung13.

Yuk dibudayakan secara mandiri membuka jalan untuk ambulans ketika butuh jalur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.