Kurangi Sampah Plastik, Wali Kota Makassar Keluarkan Edaran Penggunaan Tumbler bagi ASN

0
59

ZonaMakassar.com – Sampah plastik menjadi masalah bagi seluruh daerah di Indonesia, khususnya di kota Makassar. Untuk itu, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengeluarkan surat edaran tentang penggunaan botol air minum atau Tumbler bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkot Makassar.

Dalam surat edaran nomor: 660.I/43/s.edar/DLII/II/2019, Danny Pomanto mengimbau kepada seluruh ASN Pemkot Makassar untuk melakukan pengurangan sampah secara efektif dan efisien.

“Kepala SKPD, Dirut Perusahaan Daerah,Camat dan Lurah se Kota Makassar mengkoordinir dan memerintahkan pegawai baik itu ASN, maupun tenaga honorer untuk menggunakan botol air minum (Tumbler) di kantor masing-masing,” isi surat edaran.

“Kepala SKPD, Dirut Perusahaan Daerah,Camat dan Lurah se Kota Makassar yang melaksanakan rapat, sosialisasi, atau kegiatan sejenis tidak lagi menggunakan konsumsi dari bahan plastik, streofoam atau sejenisnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Makassar, Rusmayani Madjid mengatakan masyarakat Makassar bisa menghasilkan 300 ton per harinya.

“Berdasarkan data SNI, setiap warga Makassar menghaasilkan 0,7 kilo per hari. Secara keseluruh masyarakat Makassar bisa menghasilkan 300 ton sampah per hari,” ungkapnya.

Tingginya produksi sampah warga kota Makassar menjadi permasalahan. Pasalnya, saat ini lahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tamangapa, Manggala hanya 16,8 Hektare (Ha). Dengan kondisi tersebut, TPA Tamangapa bakal tidak mampu menampung produksi sampah masyarakat.

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.