Lewat Indonesia Betta Society, Penggemar Cupang Tetap Eksis

0
97

Memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil daripada arwana dan louhan, ternyata tak membuat ikan cupang kalah pamor. Bila dilihat, ikan bernama ilmiah betta ini, memiliki susunan warna yang kontras, bentuk tubuh dan sisik yang indah, plus goyangan ekor yang menawan. Karenanya, tak heran bila beberapa kalangan masih setia menggemari cupang hingga kini. Bahkan, beberapa penggemar setia cupang ada membentuk sebuah komunitas loh. Salah satunya bernama Indonesia Betta Society.

Komunitas yang dibentuk di Jakarta sekira tahun 2009 ini, berawal dari sesama pengguna jejaring sosial, yang acapkali melakukan sharing seputar cupang. Mulai dari jenis, cara perawatan, hingga teknik budidayanya. Bahkan, cikal bakal berdirinya komunitas ini tak hanya dari jejaring sosial saja, adanya ajang kumpul-kumpul beberapa pecinta ikan cupang usai mengikuti kontes, semakin membuat para penggemar cupang tersebut yakin untuk membentuk sebuah komunitas.

Tak hanya memiliki beragam keistimewaan, cupang juga dikenal sebagai ikan aduan. Buktinya, jika 2 cupang jantan dimasukkan ke dalam satu aquarium, cupang-cupang tersebut akan saling berkelahi, sehingga merusak keindahan sirip dan ekornya. Hal tersebut rupanya sangat ditentang oleh anggota Indonesia Betta Society. Oleh karena itu, komunitas ini pun memfokuskan diri pada cupang hias, bukan cupang aduan.

Meski komunitas ini terhitung baru muncul, tetapi jumlah anggota yang tergabung cukup banyak. Hingga tahun 2010, tercatat 2.000 anggota yang tergabung dalam Indonesia Betta Society. Para anggotanya tersebar di seluruh Indonesia hingga luar negeri seperti Thailand, Singapura dan Malaysia.

Adapun tujuan dari dibentuknya komunitas ini, adalah untuk meningkatkan citra ikan cupang yang selama ini dianggap ikan murahan oleh sebagian masyarakat Indonesia. Sebabnya, ikan cupang bukanlah ikan murah yang selama ini dipersepsikan oleh banyak orang. Untuk merawat saja butuh biaya yang mahal, apalagi jika ikan tersebut dipersiapkan untuk mengikuti kontes.

Banyak jenis cupang yang dimiliki oleh para anggota komunitas ini, mulai dari jenis plakat, crowntail, halfmoon, hingga doubletail. Dalam ajang kontes internasional, biasanya jenis crowntail (serit) menjadi andalan Indonesia. Sedangkan untuk jenis halfmoon yang memiliki ekor mengembang membentuk huruf D, menjadi andalah negeri Gajah Putih alias Thailand. Nah, bagi Anda yang ingin berbagi ataupun memperoleh informasi seputar cupang, Anda bisa bergabung di fanpage facebook-nya.

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.