Meski Sulit, Dinas Pertanahan Makassar Masih Upayakan Pembebasan Tanah 1,7 Ha

0
23

ZonaMakassar.com – Dinas Pertanahan Kota Makassar masih mengupayakan pembebasan lahan demi mendukung hadirnya Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di Kecamatan Manggala.

Kepala Dinas Pertanahan Kota Makassar, Manai Sophian mengaku, dari total 4 hektare (Ha) lahan yang dibutuhkan untuk membangun PLTSa.

Hingga saat ini, setidaknya masih ada sekitar 1,7 hektare lahan lagi yang harus dibebaskan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tamangapa. Lokasi pembangunan proyek strategis nasional ini.

“Kan ada disitu yang memang kurang lebih 4 hektare yang tidak bisa semuanya dibebaskan. Tidak bisa karena bermasalah, sekitar lebih 1 hektare,” tutur Manai, Kamis (11/7/2019).

Sofyan Manai mengatakan, ada beberapa lahan yang tidak bisa dibebaskan karena bermasalah.

“Satu lokasi, ada dua yang punya, malah ada 10 orang yang klaim. Tidak mungkinlah kita bebaskan itukan. Bolehlah kita bebaskan jika diantara mereka sudah selesaikan masalahnya. Misalnya ada perkara, terus diputuskan dalam pengadilan bahwa itu yang punya. Kalau saling mengklaim, kita repot. Bisa2 kita yang kena masalah,” urai dia.

Maka itu kata Manai, pihaknya harus terlebih dahulu melakukan verifikasi lapangan. Bersama tim dari pemerintah pusat, bakal menunjuk langsung tepatnya lokask lahan yang disiapkan untuk pembangunan PLTSa. Rencananya, hal ini dilakukan pekan depan.

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.