MRI-ACT Sulsel gelar Aksi Peduli Palestina di Car Free Day

0
84

ZonaMakassar.Com, Makassar – Sejak tahun 1917, bangsa Palestina telah berkali-kali berusaha melepaskan diri dari wilayahnya. Peristiwa perang 6 hari pada tahun 1967 mengubah peta Palestina menjadi 2 bagian, Tepi Barat di utara dan Gaza di sisi selatan. Luas wilayah Palestina terus menyempit, sedikit demi sedikit di gerogoti oleh zionis Israel, hingga sekarang luas wilayah Palestina hanya tersisa beberapa persen saja.

Merespon hal ini, Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Sulawesi Selatan, bersama komunitas KONSINA (Komunitas Siri’ Napacce), menggelar aksi peduli Palestina yang dirangkaikan dengan tanda tangan petisi sebagai bentuk dukungan terhadap Palestina, Ahad (10/03/2019) di CFD Jl. Jendral Sudirman.

Kegiatan Car Free Day (CFD) kali ini, juga diramaikan dengan pembacaan puisi bertajuk Palestina oleh salah seorang relawan MRI Sulsel, mengabarkan tentang kehidupan rakyat palestina di bawah jajahan Israel yang sampai detik ini belum berkesudahan, dan tentang bagaimana mata Dunia terhadap isu Palestina.

Terlihat pula di beberapa foto, dengan semangat relawan ACT-MRI mengorasikan kebebasan Palestina. Koordinator MRI-ACT Sulsel, Miswar Arifin dalam orasinya, mendorong pemerintah Indonesia agar proaktif mendukung kedaulatan rakyat Palestina.

“Sebagai warga Indonesia, ini adalah bentuk kepedulian terhadap saudara-saudara kami yang ada di Palestina. Dengan harap semoga Pemerintah Indonesia bisa bersifat proaktif untuk mendukung hak-hak rakyat Palestina yang telah dirampas oleh penjajah Israel,” lantang Miswar.

“Ini bukan hanya soal agama, bukan juga sekedar prihal ras, tapi ini soal kemanusiaan. Kemana PBB? Kemana aktivis HAM? Tak perlu menjadi rakyat Palestina untuk bisa peduli pada Palestina. Cukup jadi manusia untuk memanusiakan mereka, memberi hak tanahnya!” ucapnya lagi.

Dalam kesempatan tersebut, MRI-ACT Sulsel juga melakukan penggalangan dana untuk Palestina, melalui pelelangan atribut Palestina, dimana 100% hasil penjualan disalurkan untuk Palestina, demi menyukseskan berlayarnya kapal kemanusiaan yang akan membawa sekiranya 10.000 ton paket bantuan untuk saudara kita di Palestina.

“Insya Allah kami berupaya untuk tetap hadir membersamai (Palestina) untuk memberikan bantuan. Apalagi hingga saat ini, dapur umum ACT terus beroperasi untuk para warga Palestina. Jika tahun kemarin ACT telah mengirim beras sebesar 2000 ton hasil dari donasi yang merupakan persembahan rakyat Indonesia untuk saudara-saudaranya yang ada di Palestina melalui kapal kemanusiaan, tahun ini insyaa Allah ACT akan kembali melayarkan kapal kemanusiaan menuju palestina yang akan membawa 10.000 ton bantuan dari Indonesia. Dan bantuan ini akan terus berlanjut sampai rakyat Palestina mendapatkan kembali hak-haknya yang telah dirampas oleh Israel,” pangkas Miswar Arifin. (*/Sira)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.