Panen Raya Cabai di BuLo Kapasa Raya, DKP Makassar: Berkah Isra’ Miraj

0
26

ZonaMakassar.Com, Makassar – Dinas Ketahanan Pengan (DKP) Makassar menggelar panen raya cabai bersama kelompok petani lorong 51 Kelurahan Kapasa Raya, Kecamatan Biringkanaya Makassar.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Makassar, Sri Sulsilawati mengungkapkan, pihaknya sangat senang dan bersyukur dapat turut hadir bersama memantau secara langsung hasil panen dari para petani lorong.

“Hari ini kita patut berbahagia bertepatan dengan peringatan hari isra miraj kita diundang warga Petani Lorong untuk panen lombok, jahe dan jagung,” kata Sri.

Sri melanjutkan, program Badan Usaha Lorong (Bulo) dari Dinas Ketahanan Pangan Makassar selama ini telah berjalan dengan baik. Hal itu terbukti dengan hasil panen di beberapa Bulo, salah satunya di Kelurahan Kapasa Raya ini.

“Bulo Kapasa Raya ini merupakan program kami di tahun 2018. Kita memanfaatkan lahan-lahan pekarangan yang kosong tidak dimanfaatkan selama ini,” jelasnya.

Sri mengatakan, peran dari RT RW juga sangat penting dalam menunjang berdirinya Bulo. Pasalnya para RT RW lah yang mencari lahan yang tepat kemudian berdiskusi soal teknis dan konsep program Bulo ini.

Sri berharap, DKP Makassar senantiasa dapat membimbing para petani lorong khusunya pada program Bulo dan dapat berkelanjutan tiap tahunnya.

“Kita akan mengarahkan secara teknis bagaimana mengelola budidaya pertanian ini, yang mana dari tahun 2017 kemudian 2018 dan tahun 2019 konsisten berjalan,” bebernya.

Adapun, jelas Sri, target yang ingin dicapai para petani lorong berkisar pada 800 gram hingga 1000 gram (1 Kg) per pohon atau polybag, berarti jika ada 700 polybag berarti ada sekitar kurang lebih 560 kg yang diperoleh dari 700 pohon.

“Jadi 1 polybag itu lima kali petik. 1 kali petik bisa 150 hingga 200 gram. Kita berharap petani ini bisa mengembangkan hasil taninya secara berkelompok dan hasilnya dapat dikonsumsi atau dijual,” pungkasnya.

Rencananya, tiap rumah akan dibagikan sekitar 5 polybag tanaman cabe/lombok untuk dibudidayakan di masing-masing halaman rumah warga Kapasa Raya ini.Turut hadir dalam kegiatan Panen Raya, Lurah Kapasa Raya dan Ketua Kelompok Tani.

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.