ZonaMakassar.Com, Sinjai – Warga nelayan Pasi Labingkung, sekitar 4 mil dari daratan Kec. Mare, Kab. Bone dikejutkan dengan penemuan seekor Paus, Selasa (5/2/2019).

Paus yang berukuran panjang 5 meter, lebar 1 meter, dengan bobot diperkirakan di atas 1 Ton tersebut, ditemukan seorang nelayan, Sadar bin Retti (35), warga Talibunging, Kel. Lappa, Kec. Sinjai Utara, Kab. Sinjai.

Paus tersebut ditemukan dalam keadaan mati setelah sebelumnya tersangkut di jaring yang dipasang sang nelayan.

Telah menemukab seekor ikan jenis paus, panjang sekitar 5 meter, lebar 1 meter, berat diperkirakan di atas 1 ton, dalam keadaan mati.

Dengan menggunakan 4 perahu nelayan yang menarik secara bersamaan, bangkai Paus tersebut kemudian dibawa ke tepi muara sungai Larearea dan melaporkannya ke personil Sat Polairud Resort Sinjai yang sedang memperbaiki Speedboat di Lingkungan Larearea.

Karena di Kab. Sinjai tidak ada Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), petugas yang dilapori kemudian mengkoordinasikan temuan tersebut kepada Dinas Perikanan Kab. Sinjai untuk mengambil tindakan lebih lanjut.

Saat ini bangkai Paus masih berada di Lingkungan Larearea Kec. Sinjai Utara, Kab. Sinjai, menjadi tontonan warga setempat.

(junaid ramadhan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.