ZonaMakassar.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi selatan (Sulsel) merilis data sementara Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 nanti.

Komisioner KPU Sulsel Uslimin memaparkan terjadi perubahan dalam jumlah pemilih di Sulsel dikarenakan adanya perpindahan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Uslimin merinci berdasarkan rekapitulasi sementara DPTb 2 dari kabupaten dan kota di Sulsel, tercata daftar pemilih yang keluar dari Sulsel tercatat sebesar 15.259 orang. Sementara daftar pemilih yang masuk di Sulsel sebesar 10.867 orang.

“Kalau dirinci berdasarkan jenis kelamin, daftar pemilih yang keluar Sulsel untuk laki-laki sebesar 9.515 pemilih, sementara perempuan 5.744 pemilih. Kalau yang masuk, laki-laki sebanya 6765 pemilih, perempuan 4102 pemilih. Jadi ada defisit (berkurang) pemilih di Sulsel sebesar 4431 pemilih,” paparnya.

Jika berdasarkan kabupaten dan kota, Makassar yang lebih banyak pemilih pindah keluar sebesar 603 orang disusul Luwu Timur (Lutim) sebesar 257 orang.

“Sementara pemilih yang masuk banyak di Lutim sebesar 208, disusul Makassar dan Luwu Utara (Lutra) sebesar 206 pemilih,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Sulsel Misna M Attas menambahkan pengurusan pindah memilih Pemilu 2019 telah ditutup sejak Minggu (17/3/2019) hari ini pukul 16.00 WITA.

“Hingga pukul 16.00 WITA, pengurus A5 telah rampung di masing-masing,” sebutnya.

Ia pun menyebut DPT Pemilu di Sulsel berpotensi mengalami penurunan dikarenakan lebih banyaknya warga yang pindah memilih keluar Sulsel dibandingkan pemilih yang masuk di Sulsel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.