Pemkot Makassar Gandeng Baznas Salurkan Zakat ASN

Zonamakassar.com, Makassar – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menggandeng Badan Amil Zakar Nasional (Baznas) Makassar dengan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) terkait penyaluran zakat pada Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkot Makassar.

Penandatangan MoU dilakukan secara langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Makassar M Anshar dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta Perusahaan Daerah (Perusda) lingkup pemerintah kota Makassar, di Kantor Balaikota, Senin (6/5/2019).

Ketua Baznas Kota Makassar Anis Zakaria Kama mengatakan, MoU yang dilakukan ini, tidak lain untuk meningkatkan kesadaran aparatur sipil negara (ASN) dalam mengumpulkan zakat melalui Baznas Makassar.

Ia menyebut hingga saat ini, baru 11 SKPD yang telah melakukan zakat melalui pemotongan gaji. Anis berharap, seluruh ASN lingkup pemkot Makassar memanfaatkan Baznas dalam menyalurkan zakatnya. Apalagi, tahun ini Baznas Makassar menargetkan zakat yang dikumpulkan tahun ini sebesar Rp 16 miliar.

“Rata-rata setiap tahun meningkat sekira Rp 2 miliar. Kita berharapnya pengumpulan terbesar berasal dari pemkot, sebab pemkot kan lebih terstruktur,” kata Anis.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar Muhamad Ansar berjanji akan terus mendorong para ASN agar melakukan pembayaran zakat melalui Baznas Makassar.

Ia berencana akan mengeluarkan himbauan kepada setiap SKPD agar melakukan pembayaran zakat melalui Baznas.

“Tentu kita akan dorong itu, apalagi kita ini lembaga yang terstruktur, akan lebih mudah untuk diorganisir,” ucap Ansar.(*)

More To Explore