Pemprov Sulsel Ingin Revitalisasi Stadion Mattoangin, Bos PSM : Kami Siap

0
45

ZonaMakassar.Com, Makassar – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan belum juga menyelesaikan pembangunan Stadion Barombong.

Kini Pemprov dibawa kepemimpinan Nurdin Abdullah selaku Gubernur pun mencanangkan revitalisasi Stadion Mattoangin.

Langkah ini sebagai respon terhadap adanya titik terang kepemilikan kawasan Mattoangin yang diklaim kini milik Pemprov Sulsel.

Proses revitalisasi pun rencananya akan berlangsung di tahun 2019 dengan melakukan sterilisasi hingga pembongkaran bangunan Stadion.

Kemudian di 2020 mendatang, Pemprov Sulsel menyebut akan memulai pembangunan. Anggarannya pun akan masuk dalam APBD 2020 yang disebut Nurdin Abdullah telah mendapat lampu hijau dari DPRD Sulsel.

Untuk proses pembangunan Pemprov Sulsel rencananya akan melakukan sayembara dalam hal bentuk bangunan.

Hingga menyebut akan memikirkan proses pengelolaan kepada pihak yang dianggap layak dan berkeinginan.

Sejauh ini diketahui Stadion Mattoangin dan seluruh kompleks bangunannya berada di bawah pengelolaan Yayasan Olahraga Sulawesi Selatan (YOSS).

Pihak YOSS kemudian menyewakan Stadion Mattoangin kepada manajemen PSM Makassar yang menggunakan Stadion sebagai Homebase di kompetisi Liga 1.

Keinginan Pemprov untuk memugar Mattoangin dan mencari pengelola baru pun disambut baik manajemen PSM. Tim tertua Indonesia itu sedari dulu merasa kesulitan terkait dengan fasilitas stadion.

CEO PSM, Munafri Arifuddin, pun secara terang-terangan siap mengikuti sayembara. Bahkan pihaknya kini telah menyiapkan proposal pengelolaan hingga siap membangun Stadion baru.

“Kita menunggu kapan waktunya ini dikembalikan ke Pemerintah Provinsi secara resmi kalau sudah ada dan seperti apa Pemerintah mau bekerjasamakan ini apakah dalam bentuk sayembara dan sebagainya kami siap untuk mengikuti,” ujarnya, dikutip dari tribuntimur.com, Selasa (02/04/2019).

Appi sapaan Munafri menambahkan bahwa ia menginginkan pengelolaan secara menyeluruh. Bukan hanya sekedar bangunan Stadion tetapi fasilitas penunjang lainnya di area Kompleks Stadion yang terletak di Jl Cendrawasih itu.

“Sembari ini dibongkar (Mattoangin) kami ingin juga pada saat ini kami mengajukan untuk mengelola kawasannya secara total, bahkan membangun stadion baru kami siap. Ada dong (maket), sistem perencanaan secara kawasan sudah ada bahwa akan ada nanti detailnya itu akan kita tawarkan ke Pemerintah,” ungkapnya.(*)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.