Pj Wali Kota Makassar Kembalikan Jabatan 1.073 pejabat

0
32

Zonamakassar.com, Makassar – Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar M Iqbal Suhaeb mengembalikan 1.073 pejabat yang sebelumnya di mutasi oleh eks Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di Tribun Lapangan Karebosi Makassar, Jumat (26/7/2019).

Pelantikan dan pengembalian jabatan ini, dilakukan setelah Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) resmi mengeluarkan surat rekomendasi, agar pejabat yang di non-job dan dipromosikan oleh Danny Pomanto selama periode 4 Juni 2018 hingga 8 Mei 2019, dibatalkan.

“Pada hari ini Jumat 26 Juli 2019 saya pejabat Wali Kota Makassar dengan ini melantik saudara dengan jabatan baru,” kata Pj Wali kota Makassar, Iqbal Suhaeb, Jumat (26/7/2019).

“Semoga Allah senantiasa memberkati kita semua. Apakah saudara bersedia diambil sumpahnya?,” kata Iqbal kepada para peserta pelantikan.

Iqbal mengatakan bahwa sumpah ini tak lain adalah tanggung jawab kepada negara bangsa dan Pancasila.

Salah jabatan yang dikembalikan yakni adalah jabatan Camat, di mana 15 mantan camat seperti Syamsul Bahri, Andi Syahrum Makkuradde, Firnandar, Muhammad Ruly, Fadly Wellang, Ansar Umar, Harun Rani, Tahir Rasyid, Hamri Hayya, Andi Zainal Abidin, Kaharuddin Bakti, Hasan Sulaiman, Zulkifli Nanda, Tanah Andi Unru, dan Ansaruddin.

Diketahui, SK pelantikan camat oleh Wali Kota sebelumnya, dianggap tidak sah atau dibatalkan. Sehingga para Camat tersebut, dikembalikan ke jabatan sebelumnya sebagai Sekretaris Camat.

Pelaksana tugas (Plt) Ditjen OTDA Kemendagri RI mengeluarkan surat Nomor 019.3/3692/OTDA tanggal 12 Juli 2019 dan Surat Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara Nomor B-2237/KASN/7/2019 tanggal 10 Juli 2019 perihal Rekomendasi Penataan Pejabat/ Jabatan ASN di Lingkungan Pemerintah Kota Makassar.

Dalam surat itu, menginstruksikan Penjabat (Pj) Walikota, agar segera mengembalikan sekitar 1.228 pejabat struktural di lingkungan Pemerintah Kota Makassar berdasarkan 40 SK Wali Kota dan Pj Wali Kota sejak tanggal 4 Juni 2018 sampai dengan 8 Mei 2019 dan melakukan Evaluasi dan Penataan Kembali.

Namun yang dianulir itu, sebanyak 1.073 pejabat yang dikembalikan ke posisi semula. Adapun 155 pejabat tidak dianulir, karena sah dilantik oleh Wakil Walikota Makassar Syamsu Rizal dan memiliki izin KASN dan Dirjen Otda. Pejabat yang dilantik Wawali, punya izin untuk promosi jabatan. Berbeda dengan Danny yang tidak memiliki izin pelantikan.

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.