Zonamakassar.com, Makassar – Dunia saat ini mendadak heboh dengan muncunya virus mengerikan di China yang dinamai Corona. Penyebarannya cepat dan mematikan. Di wilayah Wuhan, sudah puluhan orang mati mendadak, dan ribuan yang terinveksi.
Beberapa negara sudah mengeluarkan kebijakan penolakan turis China untuk sementara. Di Indonesia sendiri, tagar #TolakSementaraTurisChina ramai-ramai digaungkan oleh warganet tranding topik di Twitter.
Kota Makassar yang memiliki pelabuhan dan bandara internasional juga berpeluang menjadi pintu masuk virus Corona. Sebab, banyak turis China berdatangan melalui pelabuhan dan bandara di Makassar.
Hal itupun cukup meresahkan masyarakat Kota Makassar. Untu itu, Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb, menginstruksikan kepada seluruh pihak untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya merebaknya virus Corona.
“Lalu lalang manusia dari berbagai negara cukup tinggi juga di Kota Makassar, segala yang berkembang secara global juga berpotensi berpengaruh terhadap Makassar,” ungkapnya di Balaikota, Senin (27/1/2020).
Maka itu, Iqbal mewaspadai penyebaran virus berbahaya ini agar tidak menyebar di masyarakat Kota Makassar. Apa lagi, menurutnya, penyebaran virus ini sangat cepat dan mematikan, serta belum ditemukan vaksin yang mampu mencegah virus tersebut.
“Makanya kita harus waspada, apalagi proses penularannya sudah antara manusia dengan manusia. Makanya mulai sekarang kita harus hidup lebih sehat dan membentengi diri dengan melakukan gerakan hidup sehat dan makan makanan yang matang. Serta memakai masker saat flu dan berada di sekitar keramaian,” jelasnya.
Pemkot Makassar, menurut Iqbal akan melakukan upaya kerja sama dengan semua pihak, terutama pada instansi kesehatan.”puskesmas kita juga harus meningkatkan pengawasan, jika mendapat gejala yang mirip agar dilakukan pendalaman yang komprehensif,” tandasnya.
Kepanikan akan pemberitaan virus Corona juga sudah mereesahan masyarakat, sehingga Iqbal meminta agar masyarakat tak terlalu panik berlebihan dalam merespon informasi perkembangan virus yang berasal dari China ini.
“Jika masyarakat mengalami atau merasa ada tanda-tanda virus corona langsung periksakan ke rumah sakit. Setiap rumah sakit siap menghadapi pasien virus corona. Kita akan pantau terus,termasuk di Bandara sudah ada petugas yang disiapkan untuk memantau setiap pendatang dari luar,” tegasnya. (Fitrah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.