Realisasikan TPA Bintang Lima; Dinas Pertanahaan Adakan Pedekantan ke Kemasyarakat

0
55

ZonaMakassar.com – Pembebasan lahan di sekitar Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Kecamatan Manggala untuk pembangunan TPA Bintang Lima cukup sulit. Ada banyak kendala atau tantangan yang dilalui.

Kepala Dinas Pertanahan Kota Makassar, Manai Sopyan mengaku tidak mudah dalam membebaskan lahan untuk pembangunan TPA Bintang Lima. Kendati demikian, dia tetap optimis bisa melalui dan merealisasikan semuanya.

Ada beberapa masalah yang sempat dihadapi. Kendala antara lain karena lahan di lokasi tersebut diakui oleh beberapa pihak. Bahkan di dalam satu lokasi tanah ada pihak lebih dari satu orang yang mengakui. Hal ini tentu dikatakan belum bisa dibebaskan karena masih berstatus sengketa.

“Ada yang akui itu tanahnya, sementara ada diatasnya yang tinggali dan punya surat-surat. Jadi saya hanya minta mereka selesaikan dulu. Tidak mungkin lah kita bebaskan kalau begitu,” kata Manai pada Kamis (16/05/2019).

Kendala lain dikatakan Manai, ada lahan yang bahkan tidak jelas berapa luasnya. Beberapa pemilik lahan di lokasi tersebut bahkan tidak bisa memberi kepastian berapa jumlah lahan yang semestinya.

Walaupun begitu, pembebasan lahan untuk TPA ini akan terus diupayakan. Dikatakan Manai, TPA ini bisa menjadi tempat yang sangat positif bahkan bisa menjadi percontohan. (NG)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.