Sebuah Desa di Tuban Jadi Kampung Miliarder, Kades: Kita Juga Tidak Nyangka

Zonamakassar.com, Tuban – Sejumlah warga Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, menjadi miliarder baru setelah mendapat kompensasi dari lahan yang dibebaskan untuk pembangunan proyek kilang minyak Tuban.

Sebagian dari mereka membelanjakan uang untuk membeli mobil, bahkan satu kepala keluarga kabarnya bisa beli beberapa kendaraan roda empat sekaligus.

“Memang betul terkait video warga yang ramai-ramai beli mobil baru itu warga desa sini (Desa Sumurgeneng). Kabarnya kemarin datang lagi dari Gresik, kalau tidak salah jumlahnya ada 17,” kata Kepala Desa Sumurgeneng, Gihanto, dalam laporan Beritajatim.com, Selasa (16/2/2021).

Menurut keterangan Gihanto, warga yang membeli mobil secara berbarengan merupakan kelompok yang baru mendapatkan kompensasi lahan untuk proyek grass root refinery tahap ketiga.

“Itu memang sama temen-temannya atau kelompoknya itu pencarian yang terakhir yang lewat konsinyasi. Mereka kemudian rencana untuk beli mobil juga bersamaan,” katanya.

Dalam laporan Beritajatim.com disebutkan Desa Sumurgeneng sekarang sudahd ikenal sebagai kampung miliarder baru di Tuban.

Sejumlah warga mendapatkan uang pembesan, rata-rata sebanyak Rp8 miliar.

“Untuk warga asli sini yang paling banyak itu mendapatkan sebesar 26 miliar rupiah. Ini kita juga tidak nyangka (bisa jadi kampung miliarder), karena memang dulunya warga sini itu petani tulen dan ternyata ada pembebasan untuk lahan yang dinilai setelah dinilai apresial yang banyak milik warga Sumurgeneng,” kata Gihanto.

Dalam video viral di media sosial terlihat mobil-mobil baru diangkut dengan menggunakan kendaraan towing dengan pengawalan kepolisian.

More To Explore