ZonaMakassar.com – Sekretaris Daerah (Sekda) kota Makassar Muh Anshar menghadiri apel siaga pengawasan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang dilakukan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kota Makassar di Lapangan Karebosi Makassar, Minggu (14/4/2019).

Anshar berharap pelaksanaan Pemilu 2019 bisa berjalan dengan aman dan tertib. Apalagi memasuki masa tenang, seluruh pihak, khususnya peserta Pemilu bisa menaati peraturan untuk tidak melakukan kampanye maupun melakukan politik uang.

“Pemilu tahun ini harus aman dan tertib,” ujarnya.

Anshar pun menjamin akan memberikan bantuan kepada Bawaslu untuk menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) Caleg dan Capres dengan menurunkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Makassar.

Sementara Ketua Bawaslu Sulsel La Ode Arumahi mengatakan saat masa tenang kampanye ini, Bawaslu punya tiga agenda penting yakni pembersihan Alat Peraga Kampanye (APK), memastikan logistik Pemilu sudah siap di tempatnya masing-masing, dan melakukan patroli pengawasan mencegah politik uang dan pelanggaran Pemilu lainnya.

” Hari ini Bawaslu harus memastikan semua wilayah harus sudah bersih dari APK Caleg maupun Capres. Mulai tadi malam teman-teman Bawaslu Kabupaten/Kota sudah melakukan pembersihan APK bekerja sama dengan instansi pemerintahan,” ujarnya.

Untuk pengawasan politik uang saat masa tenang, Arumahi mengaku seluruh wilayah di Sulsel berpotensi adanya praktik politik uang. Hal tersebut, kata dia, berdasarkan hasil pemetaan Bawaslu terhadap sejumlah wilayah di Sulsel.

“Tentu kami punya catatan terhadap potensi pelanggaran di masing-masing wilayah, tetapi semua jajaran Pemilu harus turun serentak. Jangan terjebak dengan hasil apakah di sini potensi atau tidak politik uang. Semua wilayah berpotensi akan terjadi Money Politics (politik uang),” tegasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.