Sekda Makassar Siapkan Administrasi dan Lahan Pembangunan PLTSa

0
16

Zonamakassar.com, Makassar – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar benar-benar siap untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) yang rencananya berada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tamangapa Antang.

Tindaklanjut pembangunan PLTSa tersebut ditunjukkan dengan mengadakan rapat koordinasi di Ruang Rapat Sekda, Jl Ahmad Yani, Senin (27/5/2019).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar, Muhammad Ansar menuturkan pihaknya telah menyiapkan proses administrasi dan persiapan lahan untuk pembangunan tersebut. Namun, untuk merealisasikan hal tersebut pihaknya mengaku masih kekurangan lahan seluas 1,7 hektar.

“Dari semua yg ada masih kurang 1,7 hektar yang harus Pemerintah daerah siapkan. Kita sudah siapkan tapi masih kurang. Secara keseluruhan 4 hektar. Disana jalan kita sudah buat diluar dari jalan TPA yang lama kita sudah buat jalan yang baru itu yang mengakses jalan ke PLTSa itu,” kata Ansar

Selain itu, perihal pembebasan lahan, ia bakal melakukan koordinasi dengan Dinas Pertanahan dalam waktu dekat. Proses pembebasan lahan sendiri harus dijalankan, sebab tim Market Sounding sendiri dijadwalkan akan menyambangi TPA untuk memantau kondisi di area tersebut pada pertengahan Juni mendatang.

“Belum jelas apakah ada anggarannya atau tidak (pembebasan lahan1,7 hektar), yang jelas proses pengadaan jalan harus jalan, jangan tunggu ada anggaran baru jalan, kalau memang belum ada anggarannya, kita akan anggarkan di APBD perubahan nanti,” pungkasnya

Diketahui, Kota Makassar terpilih menjadi salah satu dari 11 kota yang ditunjuk sebagai pelaksana proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) setelah melalui berbagai tahapan menuju proyek berstandar nasional.

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.