Zonamakassar.com, Makassar – Sebanyak 44 penumpang kapal pesiar Australia, Coral Adventure, dinyatakan sehat dan dibolehkan turun untuk berwisata ke Makassar. Penumpang akan mengunjungi Fort Rotterdam atau Benteng Ujung Pandang di dekat Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar.
“Penumpangnya itu 44, tambah kru 34 orang, ini dari Australia semua. Sudah ada (petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Makassar) yang ke sana (periksa). Rencana besok (Kamis 12/3) pagi jam 08.00 Wita sudah sandar dan (penumpang) bisa turun,” ujar Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb di Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar, Rabu (11/3/2020) malam.
Iqbal menyebut hanya 44 penumpang kapal yang akan turun di Makassar. Kapal hanya 4 jam singgah di Makassar untuk selanjutnya melanjutkan pelayaran ke daerah lain.
“Mereka (penumpang) hanya akan berfoto-foto di Fort Rotterdam, setelah itu makan siang di hotel,” katanya.
Sebanyak 44 penumpang kapal tersebut tidak akan kembali naik kapal. Usai makan siang di salah satu hotel di Makassar, para penumpang akan menuju Bandara Internasional Hasanuddin untuk kembali pulang ke Australia.
Iqbal menegaskan, meski para penumpang dan kru kapal sudah diperiksa secara ketat oleh petugas KKP Kelas I Makassar di 2 mil laut dari Makassar pada siang tadi, saat penumpang turun dari kapal, mereka akan kembali diperiksa.
“Kalau turun (dari kapal) tetap akan berlaku lagi thermal scanner. Jadi pada waktu nanti turun dari kapal tetap ada protokol pemeriksaan yang standar lagi,” ucapnya.
Iqbal meminta warga Makassar tetap tenang dan tidak panik atas sandarnya Kapal Coral Adventure di Makassar. Datangnya wisatawan asing akan memberi citra baik bagi pariwisata di Makassar.
“Dibanding dengan negara tetangga lainnya Australia termasuk yang tidak terlalu banyak orang yang terkena. Sehingga pemerintah pusat pun belum menganggap bahwa orang-orang dari Australia itu harus dicurigai karena kebijakan pemerintah menganggap belum sampai bahwa warga Australia itu bisa sebagai (positif) Corona,” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.