Setiap Tahun BNN Rehab 1000 Pencandu Narkoba di Sulsel

ZonaMakassar.Com,Makassar – Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) mencatat kasus penyalagunaan narkotika di wilayah hukumnya tidak pernah berhenti.(8/2/2019)

Hampir tiap tahun, BNN melakukan rehabilitas terhadap para pengguna. Rehabilitasi narkoba merupakan salah satu upaya untuk menyelamatkan para pengguna dari belenggu obat obat terlarang.

“Kalau angka pengguna yang direhabilitasi setuap tahunnya masih berpluktuasi, tapi rata2 1.000 orag per tahun di Sulsel;” kata Kepala Bidang Rehabilitasi BNNP Sulsel, Sudaryanto.

Sudaryanto juga mengatakan belum bisa memastikan secara detail total angka pengguna sebab harus diukur dengan penelitian.

Tetapi sejak 2011 sampai dengan 2017 dari segi jumlah berdasarkan proyeksi masih ada peningkatan. “Namun jika dilihat dari prevalensi nya sudah ditekan turun dari tahun ke tahun,” tuturnya.

Kata Sudaryanto penyalahgunaan narkoba sebagian besar diawali dengan upaya coba-coba dalam lingkungan pergaulan.

Semakin lama pemakaian, maka risiko kecanduan semakin tinggi. Jika terus dilanjutkan, maka dosis narkoba yang digunakan juga akan semakin besar untuk mencapai kondisi yang diinginkan (teler atau high).

Hingga pada titik tak mampu melewatkan satu hari tanpa narkoba tanpa merasakan gejala putus obat (sakau).

More To Explore

Esports

ESI Makassar Sukses Gelar Turnament Perdana

Zonamakassar.com, Makassar – Induk Olahraga Eloktronik ESports Indonesia (ESI) kota Makassar melaksanakan turnament pertamanya. Makassar Esports Turnament ini menggelar dua cabang esports Mobile Legends dan