ZonaMakassar.com – Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Makassar melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) harga pangan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H di pasar tradisional dan modern di Makassar, Rabu (29/5/2019). Adapun dua pasar yang dipantau yakni Pasar Panampu dan Pasar Modern Gelael.

Kabid Konsumsi dan Penganekaragaman Pangan, Ferdi mengatakan pihaknya melakukan pemantauan untuk menstabilkan harga pangan, terutama sembako.

“Tim kami melakukan Pemantau ini, untuk pengecekan dan memastikan tidak adanya lonjakan harga pangan serta kelangkaan pangan baik di pasar modern maupun pasar tradisional,” kata Ferdi, Rabu (29/5/2019).

Salah satu pengecer yang ditemui di pasar tradisional menyatakan stok pangan seperti bawang merah, bawang putih, kacang tanah, gula pasir, cabai, telur, minyak, dan daging ayam selama bulan ramadhan stabil.

Meski begitu, ia mengakui permintaan kita meningkat namun stok selalu tersedia. Dari beberapa komoditas yang di survey, tidak ada lonjakan harga yang signifikan.

“Harga pangan cenderung stabil kecuali gula pasir yang mengalami sedikit kenaikan. Daging ayam mengalami sedikit kenaikan harga dari minggu lalu,” katanya.

Para pengecer mengatakan ketersediaaan pangan dipasar tergantung stock barang yang dipatok dari distributor contohnya seperti bawang merah.

“Stok bawang merah dari Bima selalu tersedia, namun kadang ada kendala di perjalanan” , ungkap pihak distributor di salah satu pasar tradisional.

Menurutnya pengiriman dilakukan melalui laut, sehingga stok bawang merah sampai ke distributor dipengaruhi oleh keadaan selama perjalanan.

“Meskipun begitu, hal ini dapat diatasi dengan baik sehingga stok bawang yang ada dipasar selalu stabil,” sebutnya.

Sementara itu, harga beberapa bahan pangan yang di survey di pasar modern juga tidak mengalami kenaikan yang signifikan kecuali harga cabai. Namun, tim pemantau telah menyampaikan agar harga tersebut dirasionalkan sesuai dengan kondisi yang ada.

“Walaupun begitu kami tidak menemukan perbedaan harga yang terlalu mencolok, dan pihak supermarket juga merespon dengan sangat kooperatif, kami harap harga harag tersebut dapat stabil sampai hari raya idul Fitri nanti,” pungkas Ferdi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.