Zonamakassar.com, Makassar – Dinas Pertanahan kota Makassar menggelar sosialisasi Standar Baku Pembuatan Alas Hak Pertanahan di Travellers Hotel Makassar, Rabu (27/3/2019).

Asisten I bidang administrasi Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar Aziz Hasan menjelaskan tanah merupakan kebutuhan dan sangat menjadi dasar dalam pembangunan dimana dapat kita lihat dalam undang-undang dasar 1945 dijelaskan bahwa bunyi pasal 33 yakni bumi, air dan kekayaan alam terkandung didalamnya dikuasai oleh Negara dipergunakan untuk sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat.

“Adapun aturan ketentuan yang mengatur tentang tanah yaitu undang-undang nomor 5 tahun 1960 tentang dasar-dasar pokok agraria atau bisa disebut dengan UUPA,” ujarnya.

Aziz mendukung pentingnya pelaksanaan sosialisasi Standar Baku Pembuatan Alas Hak Pertanahan ini untuk mengetahui dan memahami tentang proses pembuatan alas hak pertanahan sehingga ini dapat bermanfaat dalam menyiapkan dan meningkatkan sumber daya aparatur dalam hal Standar Baku Pembuatan Alas Hak di Kota Makassar.

“Sasaran sosialisasi ini adalah untuk menyiapkan dan meningkatkan sumber daya aparatur Pemkot Makassar terkhusus tingkat kecamatan dan Kelurahan agar dapat mengkaji lebih dalam tentang Standar Baku Pembuatan Alas Hak Pertanahan,” tegasnya.

Ia pun mewanti-wanti kepada peserta untuk berperak aktif dan bersungguh-sunggu mengikuti sosialisasi

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanaham Makassar Mammai Sophian tuntutan zaman tentang masalah Administrasi sesuai topic sosialisasi ini yaitu krusial yang dapat berdampak hukum bagi yang tidak melaksanakannya. Sehingga dalam pelaksanaannya dapat berjalan sesuai dengan aturan dan tidak berdampak hukum bagi pelaksanaan serta sesuai dengan tujuan yang diinginkan bersama.

“Saya sampaikan penghargaan dan terima kasih yang setinggi-tingginya atas kehadiran dan mengharapkan kepada bapak/ibu sekalian, agar sosialisasi ini tidak dilaksanakan sekedar memenuhi undangan akan tetapii kami berharap ada pengetahuan yang diperoleh dan diaplikasikan demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kota Makassar,” pungkasnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.