Anji Kecewa dengan Vonis Bersalah Jerinx

Foto : Tempo.co


Zonamakassar.com, Denpasar – Denpasar – Penyanyi dan musisi, Anji menyatakan kecewa dengan vonis bersalah terhadap rekannya, I Gede Ari Astina atau Jerinx pada Kamis, 19 November 2020. Anji terlihat sejak awal mengikuti sidang dengan agenda vonis hakim di Ruang Sidang Cakra Pengadilan Negeri Denpasar sekitar Pukul 10.00 WITA. Ia khawatir banyak kasus serupa yang akan bermunculan.

“Akan banyak pelaporan karena merasa diserang,” ujarnya.

Sebagai sebuah bentuk efek jera, Anji merasa hukuman yang diberikan terlalu tinggi. Pria bernama asli Erdian Aji Prihartanto ini juga menilai, kasus yang dialami oleh Jerinx bisa menjadi pelajaran bagi masyarakat luas.

Musisi Erdian Aji Prihartanto alias Anji di Pengadilan Negeri Denpasar, Kamis, 19 November 2020. Anji mendatangi Pengadilan Negeri Denpasar, Bali untuk memberikan dukungan terhadap terdakwa I Gede Ary Astina alias Jerinx.

Terutama ketika akan menulis di media sosial. Karena kasus yang dialami Jerinx bisa menimpa siapa saja. “Saya perhatikan sidangnya sejak awal, ini adalah persoalan diksi,” katanya.

Meski begitu, Anji menyebutkan tidak akan berhenti menyalurkan ekspresinya. Ia juga mengimbau kepada masyarakat jangan takut untuk menyampaikan pendapat. “Jangan sampai masyarakat berhenti menyatakan pendapat,” ujarnya.

Majelis hakim yang diketuai Ida Ayu Nyoman Adnya Dewi membacakan putusan dan menjatuhkan vonis satu tahun dua bulan atau 14 bulan penjara dan denda Rp 10 juta subsider satu bulan kurungan kepada Jerinx. Suami Nora Alexandra ini dinyatakan bersalah karena pernyataannya di media sosial yang menyebut IDI kacung WHO.

Kuasa hukum Jerinx, menyatakan masih pikir-pikir dengan vonis itu selama sepekan. Jaksa juga menyatakan hal yang sama karena vonis itu setengah lebih rendah dari tuntutan yakni tiga tahun.

MADE ARGAWA

Ashanty Akui Salah Ladeni Jerinx ‘SID’

ZonaMakassar.Com. Makassar – Anang Hermansyah mendapat kritik dari sesama musisi, terutama I Gede Ari Astina alias Jerinx ‘SID’, terkait Rancangan Undang-undang (RUU) Permusikan yang diinisiasi olehnya sebagai anggota DPR RI. Istrinya, Ashanty, sempat tersulut emosi dan meladeni kritik yang dilayangkan Jerinx melalui media sosial.

Ditemui di kawasan Cinangka, Depok, Jawa Barat, Minggu (10/2), Ashanty mengungkapkan alasan mengapa dirinya merasa perlu menanggapi kritik keras Jerinx terhadap suaminya.

View this post on Instagram

Hebat kau nang @ananghijau. Wakil rakyat yg harus diwakili. Istrimu @ashanty_ash dan manajermu @harismaulanaakbar yg harus nangis buka suara membelamu. Pakai bawa-bawa jika kamu pernah “bela SID“ saat kami diintimidasi karena protes thd reklamasi Teluk Benoa. Sadar gak kau RUU cupu mu itu akan membuat musisi indonesia gak bisa lagi bikin lagu protes? Pinter atau gimana sih kau nang? #RUUkampungan #AnangPayah #RUUpermusikan

A post shared by JRX (@jrxsid) on Jan 31, 2019 at 9:05pm PST

“Saat aku tahu lelahnya dia (Anang) buat sesuatu dan ada yang… Yang mengkritisi itu kan banyak, tapi caranya ada, ngomongnya gimana-gimana. Jadi, kalau mau aku baperan mah, semua aku hadapi. Ini kenapa dia (Jerinx), karena bagi aku, ya, memang bahasanya,” tutur Ashanty.

Ya, kini Ashanty memang tak lagi menanggapi Jerinx. Ia pun mengakui bahwa tindakannya merespons drummer asal Bali itu bukan suatu hal yang benar.

“Dan memang saat aku mau kasih tahu, dia ngatain merembet ke bisnis. Jadi, menurut aku, ‘Wah, ini kok seram, ya?’ Dan aku enggak tahu siapa dia, maksudnya enggak tahu orangnya, enggak tahu dia bakal seekstrem itu juga. Setelah aku tahu, ya, berarti aku enggak perlu, memang enggak boleh ladeni, sih. Aku salah, sih, kemarin,” sesalnya.

Menurut Ashanty, ia hanya berniat menjelaskan perkara tersebut melalui sudut pandangnya. Namun, pelantun lagu ‘Andai Aku Bisa’ tersebut justru dianggap tak terima suaminya dikritik.

“Memang, ya, Mas Anang punya hak di DPR buat memperjuangkan sesuatu, membuat undang-undang, tapi Mas Anang enggak punya kapasitas buat menulis dan merumuskan. Salahnya dia (Jerinx), dia miss menurut aku, sih,” ujar Ashanty.

“Aku selalu bilang, baiknya sih, memang ketemu. Kalau memang penting. Karena sempat kami ngajak ketemu pribadi, maksudnya, di tv buat apa? Kan ini sudah selesai. Sudah enggak ada masalah lagi di sini. Ketemu pribadi saja. Tapi, kayaknya beliau (Jerinx) enggak mau,” tambah Ashanty.

Lantas, bagaimana dengan niat Ashanty untuk melaporkan Jerinx ke pihak kepolisian terkait hal ini?

“Terlalu capek akunya ngelaporin. Aku masih banyak kerjaan. Anakku dihujat, di-bully, saja aku enggak ngelaporin, ngapain kayak ginian aku laporin?” tandas Ashanty.