ZonaMakassar.com – Dinas Pariwisata (Dispar) Makassar tengah menyiapkan 6 destinasi baru di kota Makassar. Hal tersebut terungkap saat Forum Perangkat Daerah (FPD) di Aston Hotel Makassar, Jalan Hasanuddin Makassar, Sabtu (23/2/2019).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dispar Makassar, Kamelia Thamrin menyebutkan Dispar Makassar berencana mengembangkan enam destinasi wisata potensial di Makassar. Enam potensi destinasi wisata tersebut yakni Kelurahan Lakkang, Kampung Paropo, Kampung Rama, Kelurahan Bontorannu, Pulau Lae-Lae dan Pulau Samalona.

Sejumlah aspek, kata Kamelia Thamrin perlu dipenuhi, kesiapan infrastruktur seperti sarana dan prasarana, serta penguatan kapasitas SDM di masyarakat agar menjadi sadar wisata.

“Makanya kita hadirkan LPM, karena agar bagaimana bisa mengidentifikasi warga yang berada di wilayah tersebut supaya bisa dibina menjadi kelompok masyarakat sadar wisata,” ujarnya.

Tujuannya, agar warga dapat menjaga dan memelihara lingkungannya sehingga aman dan nyaman dikunjungi oleh wisatawan. Selain itu, dengan menjadi daerah dapat menjadi sumber pendapatan tambahan bagi warga.

Oleh karenanya, pihaknya menghadirkan stakeholder terkait di sektor pariwisata, baik dari Pemerintah Kota hingga Provinsi Sulsel. Hadir pula asosiasi usaha, asosiasi profesi sektor kepariwisataan dan LPM.

“Dinas Pariwisata tidak bisa bekerja sendiri, perlu bantuan dan dukungan dari berbagai pihak. Makanya kita hadirkan untuk bisa sharing,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.