ZonaMakassar.com – Camat Tamalate, Fahyuddin Yusuf bertekat mengurangi sampah plastik di wilayah kerjanya. Untuk mewujudkan hal tersebut, Fahyuddin menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dengan seluruh Lurah yang ada di Kecamatan Tamalate, Makassar, di kantor Kecamatan Tamalate, jalan Tanjung Bunga Utara, Makassar, Selasa (19/2/2019).

Fahyuddin pun menyampaikan instruksi kepada para lurah untuk mengimbau kepada masyarakat untuk mengurangi pemakaian plastik sebagai pembungkus kemasan, dan memilah sampah plastiknya.

Ia menganggap sampah plastik hingga kini masih menjadi persoalan serius bagi Indonesia khususnya kita di Makassar, pungkasnya.

“Setiap tahun sedikitnya jutaan ton sampah plastik dibuang ke sungai atau kanal dan bermuara di lautan,” ungkap Fahyuddin.

Dari fakta tersebut, negara kita Indonesia menjadi negara nomor dua di dunia setelah China dengan produksi sampah plastik terbanyak di lautan, lugasnya.

“Semakin banyak sampah plastik di lautan, maka semakin besar ancamannya bagi kelestarian ekosistem di laut kita,” urai Fahyuddin.

Sampah plastik tidak hanya mencemari lautan, tapi juga membahayakan kelangsungan ekosistem makhluk hidup, termasuk hidup kita, karena ikan yang kita konsumsi setiap hari itu banyak yang terkontaminasi, sambungnya.

“Untuk itu, mari kita selamatkan laut Indonesia dan ekosistemnya dengan tidak membuang sampah platik ke kanal dan laut kita.” tegas Fahyuddin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.