Tata Kanal Makassar, Dispar Makassar Lihat Potensi Wisata Biringkanal

0
18

Zonamakassar.com, Makassar – Dinas Priwisata (Dispar) kota Makassar melihat potensi kanal-kanal di Makassar untuk dijadikan destinasi wisata baru di kota Makassar.

Kepala Dispar Makassar, Kamelia Tantu Thamrin mengatakan kanal di Makassar bisa menjadi wisata kawasan tepi kanal atau wisata Biringkanal untuk bisa dijual jadi destinasi wisata.

Untuk menopang pengembangannya, Dispar Makassar berupaya memberdayakan warga yang bermukim di sekitar lokasi agar mendirikan usaha mandiri. Seperti kuliner, souvenir atau cenderamata, dan seni budaya.

“Kita mencoba melakukan pembinaan masyarakat biringkanal, kita ingin masyarakat di wilayah itu mulai berbenah diri untuk menjadi masyarakat yang terampil dalam mengelola biringkanal sebagai destinasi wisata,” ucapnya, Rabu (26/6/2019).

Kamelia juga mengajak seluruh camat dan lurah agar menerapkan konsep sadar wisata dan sapta pesona di lingkungannya masing-masing. Pasalnya, dampak dari kunjungan wisata ini akan dirasakan secara positif bagi warga.

“Tentu peran aktif para camat dan lurah sangat diharapkan di sini, masyarakat juga harus mengubah pola pikir agar selalu merawat kanal dengan tidak membuang limbah rumah tangga dan sampah di kanal,” jelasnya.

Langkah ini mempertegas komitmen Dispar Makassar untuk meningkatkan angka kunjungan wisatawan di Kota Anging Mammiri, baik domestik maupun mancanegara.

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.