Topan Idai Membayangi Konferensi Bencana Global di Swiss

Foto: Benjamin Suomela / Palang Merah Finlandia

Zonamakassar.com, Jenewa, Sebuah konferensi internasional besar tentang pengurangan risiko bencana akan berlangsung di bawah bayang-bayang Topan Idai, Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2019, yang diselenggarakan di International Conference Center Geneva (CICG).

GPDRR digelar pada 13 Mei hingga 17 Mei 2019 dengan tema ‘Resilience Dividend: Towards Sustainable and Inclusive Societies’.

Topan Idai sebuah bencana yang menggarisbawahi betapa sedikitnya investasi yang dilakukan masyarakat internasional dalam melindungi orang-orang yang rentan dari peningkatan risiko bencana.

Di lansir dari media ifrc.org situs palang merah internasional Topan Idai menghantam Mozambik tengah pada malam 14 hingga 15 Maret. Ini menewaskan ratusan orang dan menyebabkan sekitar 1,85 juta orang membutuhkan bantuan di Mozambik sendirian. Sebagai akibatnya, badan-badan PBB, Federasi Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional (IFRC), dan banyak kelompok lainnya meluncurkan operasi bantuan besar-besaran.

Harga Palang Merah dan operasi bantuan PBB saja mencapai sekitar 315 juta franc Swiss – hampir 1.000 kali dari 340.000 franc Swiss dari pendanaan internasional yang dikeluarkan oleh IFRC segera sebelum badai untuk membantu evakuasi dan mempersiapkan masyarakat yang berisiko.

Kesenjangan ini berkurang ketika upaya pengurangan risiko jangka panjang diperhitungkan. Sebagai contoh, dalam beberapa tahun terakhir jaringan IFRC telah menginvestasikan sekitar 7 juta franc Swiss dalam pengurangan risiko bencana di Mozambik. Namun, perbedaan tetap ada.

Elhadj As Sy, Sekretaris Jenderal IFRC, mengatakan:

“ Topan Idai adalah pengingat bahwa cara kita merespons bencana tidak seimbang. Kurangnya investasi untuk mengurangi dan mencegah dampak bencana menghasilkan semakin banyak uang yang dibutuhkan untuk menyelamatkan jiwa dan memperbaiki kerusakan setelah fakta.

“ Model seperti itu tidak berfungsi untuk orang yang berisiko badai dan banjir. Ini juga model yang tidak masuk akal secara finansial, terutama karena kami mengantisipasi peningkatan bencana terkait cuaca sebagai akibat dari perubahan iklim. ”

Peringatan ini bertepatan dengan pembukaan (15 Mei) dari Platform Global PBB untuk Pengurangan Risiko Bencana di Jenewa. Platform Global adalah forum global unggulan bagi pemerintah, kelompok bantuan dan pemangku kepentingan lainnya untuk membahas dan mengatasi risiko bencana.

Sementara telah terjadi pergeseran dalam beberapa tahun terakhir ke arah investasi yang lebih fokus pada risiko, IFRC khawatir bahwa investasi ini tidak cukup menjangkau masyarakat yang rentan, di daerah-daerah yang berisiko paling tinggi terjadi badai, banjir, dan bencana terkait cuaca lainnya, di mana paling dibutuhkan dan di mana itu bisa terbukti paling efektif. Lebih banyak sumber daya juga harus dialokasikan untuk kesiapsiagaan, pencegahan dan adaptasi.

“Ini berarti berinvestasi lebih banyak dalam sistem peringatan dini yang mencapai jarak terjauh. Ini juga berarti berinvestasi lebih banyak dalam kelompok-kelompok bantuan lokal yang paling baik untuk membantu orang mempersiapkan diri, ” kata Sy.

Pada awal Mei, enam minggu setelah Topan Idai, lebih dari 1 juta orang dievakuasi dari daerah pantai di negara bagian Odisha India sebelum Topan Fani. Pencapaian luar biasa ini adalah bukti bahwa upaya kesiapsiagaan, yang didukung oleh investasi jangka panjang dan kemauan politik yang kuat, dapat memiliki dampak mendalam.

“ Pengalaman India menunjukkan bahwa investasi dalam kesiapsiagaan lokal dan sistem peringatan dini berfungsi. Ini menyelamatkan nyawa dan, dalam kasus Topan Fani, dapat mencegah bencana. Namun sayangnya, ini masih pengecualian untuk aturan tersebut. Dan itu perlu diubah, ”kata Pak Sy.(**)

More To Explore

Esports

ESI Makassar Sukses Gelar Turnament Perdana

Zonamakassar.com, Makassar – Induk Olahraga Eloktronik ESports Indonesia (ESI) kota Makassar melaksanakan turnament pertamanya. Makassar Esports Turnament ini menggelar dua cabang esports Mobile Legends dan