Vonis Bebas Bandar Narkoba 3,4 Kg, Ternyata PN Makassar Hanya Terima Barang Bukti 2,4 Kg Sabu

0
50

ZonaMakassar.com – Pengadilan Negeri (PN) Makassar, mengaku hanya menerima barang bukti narkoba seberat 2,4 Kilogram (Kg) dari kasus terdakwa bandar narkoba di Sulsel, Syamsul Rijal alias Rijal alias Kijang bin Abdul Hamid yang divonis bebas oleh majelis hakim pada, 8 Januari 2019 lalu.

Humas Pengadilan Negeri (PN) Makassar, Bambang Nurcahyono mengatakan bahwa pihaknya bukan barang bukti narkoba sebanyak 3,4 Kg sabu-sabu melainkan hanya sebanyak 2,4 Kg sabu-sabu.

“Barang bukti tidak seperti yang dikatakan yaitu 3,4 Kg. Namun pada fakta dan kenyataannya yang diajukan adalah hanya sebesar 20.497 gram atau 2,4 Kg. Bukan 3,4 Kg,” ungkap Bambang, Rabu (13/2/2019).

Dia menyebutkan bahwa pertimbangan dari majelis hakim untuk memvonis bebas Kijang karena dakwaan dalam surat dakwaan jaksa penuntut umum (JPU) tidak terbukti secara sah dan menyakinkan sesuai dengan ketentuan hukum.

“Pembuktian minumun dua alat bukti dan keyakinan hakim sebagaimana pasal 180 KUHAP itu tidak terpenuhi. Jadi dakwaan yang di dakwakan adalah alternatif pasal 114 , pasal112 dan pasal 131, UU no. 35 2009 tentang narkotika,” ucap Bambang saat ditemui di Pengadilan Negeri Makassar, Rabu (13/2/2019).

Dia menegaskan bahwa majelis hakim tidak pernah merubah pasal yang di persangkakan kepada terdakwa Kijang. Melainkan majelis hakim hanya menerima pelimpahan berkas berkas P21 dari kejaksaan atau berkas perkara sudah lengkap.

“Kami memeriksa dakwaannya, dan tidak ada perubahan pasal,”tegasnya.

Dalam persidangan ini, lanjut dia, ada empat saksi yang dimintai keterangannya. Mereka yaitu, Dicky Sugino, Suparman, Edi alias Bilo, Edi Candra bin Mustafa. Sementara saksi yang dihadirkan untuk meringankan terdakwa adalah Muhammad Iqbal dan Irwan.

“Perkara ini masih berjalan, jadi tidak semerta-merta ia bebas. Karena ini lanjut kasasi di MA terhadap putusan Pengadilan Negeri Makassar,” pungkasnya.

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.